Breaking News:

Pemilu 2024

Penetapan Parpol Peserta Pemilu 14 Desember

KPU RI akan menetapkan partai politik peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022 setelah melakukam rekapitulasi hasil verifikasi faktual

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah 

BANDA ACEH – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) RI akan menetapkan partai politik peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022 setelah melakukam rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Sebelumnya, ada empat partai politik lokal (parlok) tingkat Aceh dan sembilan parpol nasional yang kembali di verifikasi faktual perbaikan karena hasil verifikasi faktual pertama partai tersebut tidak memenuhi syarat (TMS).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh, Munawarsyah mengatakan, masa verifikasi faktual perbaikan akan berakhir pada hari ini, Rabu (7/12/2022).

Setelah itu, hasil verifikasi akan dilakukan rekapitulasi pada tingkat kabupaten/kota pada 8 Desember.

Lalu, hasil rekapitulasi kabupaten/kota kembali direkapitulasi di tingkat provinsi pada 9 Desember dan rekapitulasi tingkat pusat pada 12 Desember 2022.

"Setelah itu baru diumumkan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022 sekaligus pengundian nomor urut di Jakarta.

Untuk parpol diberi pilihan apakah menggunakan nomor urut lama atau mau diundi lagi, keputusan itu ada di KPU nanti," ujarnya.

Munawarsyah menyatakan bahwa kegiatan verifikasi faktual perbaikan dilakukan sebagai mana mekanisme verifikasi faktual awal, yaitu dengan mengunjungi langsung tim verifikator KIP ke kantor tetap parpol dan parlok.

Verifikator KIP melakukan kegiatan meneliti dan mencocokan kepengurusan terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara serta meneliti dan mencocokkan dokumen domisili kantor tetap parpol dan parlok sebagaimana Model F Alamat Kantor yang telah diuploud perbaikannya di Sipol.

Demikian halnya verifikasi faktual sampel keanggotaan parpol/parpol dilakukan dengan menjumpai langsung anggota sampel tersebut.

Jika tidak dapat dijumpai dan atau tidak ditemui, maka KIP berkoordinasi dengan petugas penghubung parpol untuk mengumpulkan anggota sampling tersebut di kantor parpol.

Baca juga: Empat Partai Gugat KPU ke PTUN, Minta Dijadikan Peserta Pemilu 2024

Baca juga: KIP Aceh Usul Penambahan 8 Dapil DPRK ke KPU RI 

Terkait dengan pengundian nomor urut parpol, karena sampai saat ini perppu pemilu juga belum terbit, Anggota KPU Divisi Teknis, Idham Holik, sebagaimana dilansir kompas.id, menjelaskan bahwa KPU akan berpedoman pada P KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu, Anggota DPR dan DPRD.

Artinya, nomor urut parpol yang ditetapkan sebagai peserta pemilu diundi dalam sidang pleno KPU yang terbuka dan dihadiri wakil parpol peserta pemilu.

Sesuai jadwal, parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 akan diumumkan pada Rabu, 14 Desember 2022.

“Terkait dengan isu nomor urut peserta pemilu yang sebelumnya sempat mengemuka di ruang publik, hal tersebut baru bisa direalisasikan pasca-perppu disahkan.

Apabila perppu tidak disahkan oleh pembentuk UU sampai 14 Desember 2022, KPU akan menggunakan norma yang efektif berlaku di dalam UU Pemilu dan P KPU No No 4/2022,” terangnya.

KPU berharap perppu bisa disahkan sebelum pengumuman parpol peserta pemilu untuk memberikan kepastian hukum. (mas/kompas.id)

Baca juga: KPU Mau Beli Maung Pindad Pengganti Gerobak Sapi untuk Angkut Logistik ke Daerah Terpencil

Baca juga: KPU Bantah Data 105 Juta Penduduk Bocor

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved