Medco E&P Malaka Laksanakan Program Bedah Rumah Warga

IDI Rayeuk, 23 Februari 2019 - PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi dan produksi

Medco E&P Malaka Laksanakan Program Bedah Rumah Warga
IST

IDI Rayeuk, 23 Februari 2019 - PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi dan produksi gas, juga turut menciptakan sinergi dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Untuk itu, kali ini, Perusahaan akanmelaksanakan program bedah rumah warga kurang layak huni di sekitar wilayah operasi Medco E&P Malaka. Program tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama rumah seorang warga Desa Teupin Raya, pada minggu lalu, dan akan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama rumah kedua milik seorang warga Desa Blang Nisam, Aceh Timur, pada Sabtu, (23/2).

Program bedah rumah tersebut merupakan bentuk kepedulian Perusahaan pada masyarakat di sekitar wilayah operasi. Kegiatan ini juga dapat terlaksana berkat komunikasi yang baik antara Perusahaan dengan Pemerintah Aceh Timur yang juga memiliki program serupa. Program ini menunjukan dukungan nyata Medco E&P atas berbagai program Pemerintah Aceh Timur yang bertujuan meningkatkan taraf ekonomi warga.

Program bedah rumah Medco E&P dimulai pada 2019. Penerima manfaat berasal dari warga desa - desa di sekitar wilayah kerja Perusahaan, meliputi Desa Blang Nisam, Bandar Baro, Jambo Balee yang berada di Kecamatan Indra Makmu, Desa Julok Tunong dan Teupin Raya yang erada di Kecamatan Julok, Desa Alue Siwah Serdang dan Gampong Lhee yang berada di Kecamatan Nurussalam serta Desa Panton Rayeuk yang berada di Kecamatan Banda Alam.

Diharapkan program ini dapat menjangkau sekitar delapan rumah di sekitar daerah operasi Perusahaan. “Kami berharap masyarakat dapat terus mendukung kegiatan operasi Perusahaan dan juga hubungan dan komunikasi antara Medco E&P Malaka, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, tokoh masyarakat, dan warga semakin harmonis,” ujar General Manager Medco E&P Malaka Susanto melalui Field Relation Manager, Dedi Sukmara dalam acara tersebut yang juga dihadiri oleh Camat Indra Makmu Edi Syahmulia, Danramil Kapten Inf. Syafari, dan Perwakilan Polsek Ipda Sudarwoto.

Sementara itu, Camat Indra Makmu berterima kasih dan mengapresiasi Medco E&P Malaka yang sudah menyalurkan CSR dalam bentuk program bedah rumah kepada masyarakat Indra Makmu. harapan dari Muspika program bedah rumah ini juga dapat menyentuh desa lainnya dalam wilayah kecamatan Indra Makmu. “Muspika Kecamatan Indra Makmu mendukung dan selalu siap bekerjasama setiap program Perusahaan dan harapannya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya saat hadir dalam acara peletakan batu pertama. Nazariah, Penerima manfaat di Desa Teupin Raya.

Dia sangat berterima kasih kepada Medco E&P Mala yang telah membantu membangun rumahnya. “Sebelumnya rumah kami sangat tidak layak huni dimana atapnya bocor dan berlantaikan tanah,” jelasnya.

Demikian juga dengan Nawiyah, penerima manfaat di Desa Blang Nisam, berterima kasih atas bantuan dari Perusahaan yang telah membantu membangun rumahnya. “Sebelumnya rumah saya sudah hancur tertimpa pohon saat kejadian musibah puting beliung yang menyebabkan anak lakilaki saya tertimpa reruntuhan,” ujarnya.

Program Lain
Selama keberadaannya di Aceh Timur, Perusahaan juga telah melakukan berbagai program pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi, yang telah dimulai jauh sebelumfasilitas produksi Perusahaan beroperasi, diantaranya program: Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah drZubir Mahmud, Pelatihan Pertanian SRI Organik dan Peternakan Domba bagi Petani, Budidaya lebah madu Trigona, Pelatihan Kompetensi Guru, Seminar Pendidikan untuk guru SMP di sekolah sekitar wilayah operasi, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, dan rekrutmen dan pelatihan 40 putra/putri terbaik Aceh sebagai operator di Medco E&P Malaka melalui Program Pengembangan Teknisi dan Operator di Pusdiklat Migas Cepu, Jawa Tengah. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved