Pengurusan KIA di Disdukcapil Aceh Tengah Membludak

Pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tengah, selama beberapa hari terakhir meningkat tajam

Pengurusan KIA di Disdukcapil Aceh Tengah Membludak
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menyerahkan KIA kepada anak-anak di Kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. 

Pengurusan KIA di Disdukcapil Aceh Tengah Membludak

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM,TAKENGON - Pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tengah, selama beberapa hari terakhir meningkat tajam, paska diluncurkan secara resmi awal Agustus 2019 lalu oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

KIA merupakan merupakan bukti identitas anak yang berusia dibawah umur 17 tahun, atau belum menikah. “Sejak diluncurkan secara resmi, permintaan pengurusan KIA perhari jumlahnya membludaks.

Bahkan, rata-rata penerbitan KIA diatas 50 kartu perhari,” kata Kadisducapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal yang ditemui Serambinews.com, Rabu (14/8/2019).

Dirut PT PEMA Zubir Sahim, KIA Ladong Libatkan Investor Nasional dan Lokal

Selain Memburu Husnudzon, Ini Satu Lagi Pemain Incaran Persiraja

Tekad Assanur Rijal, Jelang Persiraja vs PSMS Medan

Disebutkan Mustafa Kamal, besarnya permintaan tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat untuk mengurus administrasi kependudukan. “Kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sangat membantu meningkatkan cakupan KIA,” sebutnya.

Menurutnya, cakupan anak wajib memiliki KIA di Kabupaten Aceh Tengah, sebanyak 72 ribu yang tersebar di 14 kecamatan. Untuk mencapai cakupan itu, selain dilakukan pelayanan di kantor, juga akan dilaksanakan sosialisasi serta pelayanan keliling.

“Sementara ini, pelayanan KIA masih di kantor. Nanti, akan menyasar ke sekolah, dan pelayanan keliling ke wilayah yang jauh dari kota,” ungkap Mustafa Kamal.  

Truk Brimob Tabrakan Dengan Avanza, Sopir dan Penumpang Sedang Mabuk, 8 Anggota Brimob Cedera

Heboh Video Mesum Tiga Pria dengan Satu Wanita, Nama Garut Dibawa-bawa

Sejarah Masuknya Islam ke Linge Gayo Diseminarkan di Takengon, Hadirkan Info Baru

Sebelumnya, peluncuran KIA ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar kepada beberapa anak di Kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen, 5 Agustu 2019 lalu.

“Sejak peluncuran itu,  permintaan pembuatan KIA pun membludak sampai dengan saat ini,” pungkasnya.(*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved