Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Guru dan Siswa SMKN 1 Pasie Raja Ciptakan Hormon Perangsang Buah

Guru dan Siswa SMKN 1 Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan berhasil menciptakan inovasi bidang Pertanian, yakni pembuatan hormon perangsang buah...

SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Guru dan Siswa SMKN 1 Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan menciptakan inovasi bidang Pertanian, yakni pembuatan hormon perangsang buah pada tanaman. 

Guru dan Siswa SMKN 1 Pasie Raja Ciptakan Hormon Perangsang BuahDiberi Nama ZPB-tph organik dan ZPT-tph organik

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Guru dan Siswa SMKN 1 Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan berhasil menciptakan inovasi bidang Pertanian, yakni pembuatan hormon perangsang buah pada tanaman yang diberi nama ZPB-tph organik dan ZPT-tph organik.

Hormon ini dibuat dari bahan-bahan alami dan sudah siap di pasarkan setelah melakukan beberapa kali percobaan di lingkungan sekolah. Karya ini hasil bimbingan, Abdul Jabir STP dengan Penanggung Jawab Anas, SAg MA.

SMK Pencetak wirausaha dengan berbagai karya inovasi terkini, ilmiah dan tepat guna. SMKN 1 Pasie Raja melalui program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura telah mendorong peserta didik untuk berkarya inovasi.

Ternyata Begini Kronologis Pedagang Ayam Bawa Pacar ke Medan, Lalu Lakukan Hal Ini di Hotel

DPRK Aceh Besar Bentuk Fraksi, Ini Nama-Nama Fraksinya

Julpan Fahmi, Bujang Gayo Lues Ini Harumkan Indonesia di Thailand, Raih Juara I di Ajang IMT-GT

Salah satunya Hormon tumbuh tanaman (ZPT) yang dibuat dari bahan alami telah berahasil diproduksi oleh peserta didik di bawah bimbingan langsung guru produktif Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kepala SMKN 1 Pasie Raja, Anas SAg MA kepada Serambinews.com, Rabu (28/8/2019) mengaku sangat mendorong dan mendukung penuh karya - karya inovasi peserta didik.

Pembuatan Hormon Zat Pengatur Tumbuh alami dibimbing langsung oleh Abdul Jabir STP selaku guru produktif. "ZPT ini dibuat dari bahan-bahan alami yang kaya dengan kandungan auksin, sitokinin, giberelin, zeatin dan lainya," kata Abdul Jabir.

Ditambahkannya, ZPB-tph organik dan ZPT-tph organi ini sangat berguna untuk meragsang perkembangan embrio pada biji tanaman dan untuk merangsang perakaran pada stek daun tanaman jeruk lemon dan lainnya.(*)

Lakukan KDRT dan Memperkosa Istrinya Sendiri, Seorang Suami Dipenjara 16 Tahun

Atlet Panahan Aceh Targetkan Sebanyaknya Lolos PON Papua, Ini Yang Dilakukan Pengprov Perpani Aceh

Unsyiah Rebut Juara Even Catur International 2019

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved