Berita Aceh Tengah

Akses Menuju Kecamatan Celala via Pegasing Ditutup Sementara

Akses menuju Kecamatan Celala via Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, ditutup sementara karena tertimbun tanah longsor ...

Akses Menuju Kecamatan Celala via Pegasing Ditutup Sementara
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Seorang warga melintas di timbunan tanah longsor yang menutup ruas jalan menuju Kecamatan Celala, via Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Musibah tanah longsor itu, terjadi Rabu (13/11/2019). 

Akses Menuju Kecamatan Celala Via Pegasing Ditutup Sementara

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Akses menuju Kecamatan Celala via Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, ditutup sementara karena tertimbun tanah longsor yang terjadi Rabu (13/11/2019), sekira pukul 12.00 WIB. Dilakukannya penutupan tersebut, lantaran kondisi longsoran masih terus terjadi, sehingga sangat rawan bila dilalui kendaraan bermotor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Thamrin Elasri kepada Serambinews.com, mengatakan, kondisi badan jalan sepanjang 20 meter tertimbun tanah longsor di kawasan Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing.

“Ruas jalan ini, merupakan akses menuju Kecamatan Celala, serta bisa juga menuju Kabupaten Nagan Raya,” kata Thamrin.

Paska kejadian, lanjutnya, ruas jalan tersebut, tidak bisa dilalui kendaraan roda empat karena hampir sebagian besar badan jalan tertimbun longsor. Namun untuk roda dua, masih bisa melintas tetapi sangat rawan.

Aceh Tawarkan 6 Investasi Wisata Halal di Hadapan Investor Dunia

Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Pernah Buat Vlog, Sindir Jokowi dan Ahok Soal Banjir

Soal Anggaran untuk Kadin Aceh, Pengurus: Aset yang Dipakai Kadin Tetap Milik Negara

“Sampai dengan sore ini, tanah dari tebing jalan masih terus berjatuhan. Makanya, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sehingga dilakukan penutupan sementara, “ sebut Thamrin.  

Menurut Thamrin, untuk membersihkan tumpukan tanah, BPBD telah mengerahkan satu unit alat berat. Tapi, bila kondisi longsoran semakin parah, akan ditambah satu unit lagi alat berat dari Dinas PU setempat.

“Kami masih melihat perkembangan beberapa jam ke depan. Kalau dari kondisi di lapangan, harus ada penambahan alat berat, agar penanggulangannya bisa cepat dilakukan,” terangnya.

Penutupan sementara ruas jalan menuju Kecamatan Celala via Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, membuat akses menuju daerah itu, dialihkan sementara via ruas jalan Takengon  menuju Angkup, Kecamatan Silih Nara.

Usai Bunuh Ibu Kandung, Pria Ini Dorong Mayatnya Pakai Kursi Roda Ke Warung, Warga Ketakutan

“Pembersihan tanah longsor sampai sore ini, masih berlangsun. Tapi mengingat kondisi tanah yang ada di tebing jalan masih labil, sehingga belum bisa dipastikan berapa jam bisa rampung,” ujar Thamrin Elasri.

Ruas jalan menuju kawasan Kecamatan Celala, merupakan salah satu daerah rawan terjadi tanah longsor. Hampir setiap tahun, khususnya di musim hujan kerab terjadi musibah tanah longsor yang terkadang dampaknya menyebabkan terputusnya akses ke daerah itu. Selain tanah longsor, kawasan tersebut, juga menjadi daerah rawan terjadinya musibah banjir bandang serta angin putting beliung.(*)

CPNS Bireuen Dibuka, belum Ada Pelamar yang Mengantar Berkas

Viral Alokasi Anggaran untuk Kadin Aceh, Nilainya Capai Rp 2 Miliar Lebih

Pendaftar CPNS Pemko Langsa, Khusus Dokter Spesialis Boleh Usia 40 Tahun

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved