Berita Banda Aceh

Pemkab Pidie tak Dapat Dana Insentif Daerah Tahun 2020, Ini Penekanan Tokoh Muda Pidie

Pemerintah Kabupaten Pidie untuk kesekian kali tidak mendapatkan kucuran Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat, setelah terakhir kali....

Pemkab Pidie tak Dapat Dana Insentif Daerah Tahun 2020, Ini Penekanan Tokoh Muda Pidie
For Serambinews.com
Muhammad MTA. 

Pemkab Pidie tak Dapat Dana Insentif Daerah Tahun 2020, Ini Penekanan Tokoh Muda Pidie

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Kabupaten Pidie untuk kesekian kali tidak mendapatkan kucuran Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat, setelah terakhir kali mendapat pada tahun 2016.

Sejumlah pihak, terutama DPRK setempat, kemudian menyalahkan pihak pemerintah atas kegagalan itu, bahkan mereka menuding kinerja pemerintah Pidie selama ini melempem.

Untuk diketahui, pemberian DID kepada setiap provinsi dan kabupaten/kota sebagai bentuk penghargaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang kinerja pemerintahannya sudah baik.

Mencermati polemik itu, Tokoh muda Pidie, Muhammad MTA kepada Serambinews.com, Sabtu (23/11/2019) mengatakan wajar banyak pihak kecewa dengan pemerintahan Pidie yang tidak mendapatkan kucuran DID tahun 2020.

Tewas Kecelakaan Saat Dibonceng Teman, Ari  Sempat Bilang Lihat Nanti 5 Menit Lagi Saya Meninggal

ABC Dukung Langkah Erick Thohir Berantas Hedonisme Petinggi BUMN

Terkait Pembelian Mobil Dinas, Ombudsman Aceh Surati Plt Gubernur

Tapi, MTA mengaku tidak sepakat jika kesalahan itu hanya diarahkan kepada eksekutif semata. Padahal, DPRK juga harus disalahkan karena mereka juga bertanggung jawab atas buruknya capaian pemerintahan karena kedua lembaga itu (eksekutif dan legislatif) saling berkaitan.

"Secara simbolis eksekutif memang menjadi objek publik dari berbagai agenda pembangunan, termasuk masalah DID ini. Karena memang eksekutif sebagai eksekutor dari berbagai kebijakan pembangunan (RPJM)," kata MTA.

Namun demikian, sambung mantan aktivis itu, kerja-kerja pengawasan yang melekat pada DPRK yang didasari oleh pembahasan bersama setiap rancangan anggaran yang diajukan oleh eksekutif merupakan poin penting mewujudkan kesuksesan roda pemerintahan.

Eksekutif dan legeslatif di Pidie, menurut MTA, harus berfikir dan bertindak bersama untuk memajukan daeran dengan tindakan yang nyata. Seperti bersatu dalam mewujudkan cita-cita pembangunan yang mensejahterakan masyarakat banyak dan menghindari subjektifitas politik kelompok dan golongan.

Muncul Wacana Masa Jabatan Presiden 3 Periode, Jokowi Kembali Berpeluang Jadi Orang Nomor Satu?

Nova: Usaha Jangan Sampai Tutup Karena tak Manfaatkan Teknologi Informasi

Air Terjun Tensaran Bener Meriah Juara I Anugerah Pesona Indonesia, Untuk Kategori Ini

Halaman
123
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved