Berita Langsa

Kurangi Sampah Plastik, Wakil Wali Kota Langsa Ajak Masyarakat Bentuk Bank Sampah

Dalam upaya mengurangi sampah-sampah jenis plastik, Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, ajak masyarakat membentuk bank sampah.

Kurangi Sampah Plastik, Wakil Wali Kota Langsa Ajak Masyarakat Bentuk Bank Sampah
Foto Kiriman Fathur
Marzuki Hamid (4 kanan) bersama warga saat rapat pembentukan bank sampah berkah di kediamannya. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Dalam upaya mengurangi sampah-sampah jenis plastik, Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, ajak masyarakat membentuk bank sampah.

Ajakan itu disampaikan Marzuki Hamid, pada rapat bersama warga Lorong Utama I Dusun Pendidikan, Gampong Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro di kediamannya, Sabtu (14/12/2019) malam.

"Mari kita peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan mewujudkan gampong bebas dari sampah, maka kita berinisiatif membuat bank sampah," ujarnya.

Wakil Wali Kota menambahkan, bank sampah yang dibentuk di Lorong kediamannya itu siberi nama "bank sampah berkah".

Bank sampah ini nantinya menerima sampah-sampah jenis plastik maupun lainnya, seperti botol mineral, kertas, karton, botol kalengan,besi, seng, plastik asoy, serta atom.

Warga Aceh Tamiang, Ayo Menabung Barang Bekas di Bank Sampah!

VIDEO – Bank Sampah di Gampong Lambung, Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Pegadaian Bentuk Bank Sampah di Surien

DLH Ingatkan Pedagang Kota Meulaboh tak Buang Sampah ke Drainase

Kemudian dengan memilah sampah ini, juga akan membawa berkah karena sampah itu bisa diuangkan (dijual) nantinya.

Bank sampah berkah rencananya akan mulai beroperasi pada awal Januari 2020 mendatang, jadwal setoran sampahnya setiap hari Minggu mulai pukul 06.00-08.00 WIB.

Dirinya juga meminta masyarakat tidak membakar sampah, terutama sampah plastik karena sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Selain itu, jangan membuang sampah ke sungai dan saluran, dan laut. Jangan jadikan saluran, sungai, maupun laut jadi tong sampah.

"Laut tempat berkembang biaknya ikan, dan ikan ini kebutuhan umat manusia. Jika laut dikotori sampah, maka ekosistem yang ada di laut akan terancam punah,"terangnya.

Keuchik Gampong Paya Bujok Seleumak, Syafi'i, yang juga hadir pada rapat itu, sangat mendukung pembentukan bank sampah berkah untuk sampah plastik itu.

Bahkan keuchik Syafi'i saat itu berjanji akan memberikan rewards kepada warganya yang banyak mengumpulkan sampah-sampah plastik ini. (*)

Penulis: Zubir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved