Berita Aceh Barat

12 Ulee Balang di Aceh Barat Diberhentikan, Plt Ketua PA Aceh Barat Bantah Lakukan Pemecatan

Sebanyak 12 orang pimpinan Partai Aceh di tingkat kecamatan (ulee balang/sagoe) di Kabupaten Aceh Barat mengakut telah diberhentikan oleh Dewan...

12 Ulee Balang di Aceh Barat Diberhentikan, Plt Ketua PA Aceh Barat Bantah Lakukan Pemecatan
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Para Ulee Balang Partai Aceh di Aceh Barat, Jumat (14/2/2020) memperlihatkan surat pemberhentian mereka sebagai pimpinan partai di tingkat kecamatan. 

12 Ulee Balang di Aceh Barat Diberhentikan, Plt Ketua PA Aceh Barat Bantah Lakukan Pemecatan

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Sebanyak 12 orang pimpinan Partai Aceh di tingkat kecamatan (Ulee Balang/Sagoe) di Kabupaten Aceh Barat mengaku telah diberhentikan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh Kabupaten Aceh Barat. Sehingga kebijakan tersebut dinilai telah mengecewakan para Ulee Balang, kerena mereka sebelumnya telah berjuang untuk pemenangan pada pilkada dan Pileg baru-baru ini.

Sementara pihak Kepengurusan DPW PA Aceh Barat menyebutkan, bahwa tidak ada pemberhentian dari kepengurusan partai akan tetapi mereka dari kepengurusan kecamatan ditarik menjadi pengurus di tingkat kabupaten, dan itu pun hanya 4 Ulee Balang saja, sedangkan yang lainnya masih tetap seperti biasa, berdasarkan persetujuan masing-masing Ulee Balang.

"Kami merasa kecewa dengan pemberhentian ini yang tidak sesuai dengan AD/ART partai, dan meminta Ketua DPA PA Muzakir Manaf (Mualem) untuk segera menyelesaikan kisruh Partai Aceh di Aceh Barat, dan kami menolak pemecatan yang tidak dilandasi aturan," kata Hamdani mantan Ulee Balang Woyla Induk didampingi Zulkarnain, mantan Ule Balang Pante Ceureumen beserta 10 Ulee balang lainnya di Meulaboh, Jumat (14/2/2020).

Disebutkan, 12 Ulee Balang yang diberhentikan itu masing-masing Mahyuddin alias Boy (Kecamatan Johan Pahlawan), Rusli (Meureubo), Syahrul (Kaway XVI), Zulkarnaen (Pante Ceureumen), M Jafar (Panton Reue), Amri (Bubon), Ilyas (Sungai Mas), Hamdani (Woyla Induk), Saiful (Woyla Barat), Nyak Umar (Woyla Timur), Hasballah (Arongan Lambalek) dan Zakaria  Ule Balang Samatiga.

Ini Alasan Suami Korban Bacok Istri di Subulussalam Yakin Istrinya Itu Bermimpi Lihat Ular

Wamen PUPR, HRD, dan Bupati Sarkawi Tinjau Lokasi Jembatan Enang-Enang, Pembangunan Dimulai 2021

24 Peserta Ikuti Operasi Gratis Bibir Sumbing di Aceh Tengah

Menurutnya, pemberhentian mereka sebagai pimpinan partai di tingkat kecamatam diduga sarat politis, dan meminta Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh, agar segera menyelesaikan persoalan ini secara musyawarah dan berharap agar mereka dikembalikan ke jabatan semula.

Dikatakan Hamdani, bahwa masa berlaku surat Keputusan (SK) pengangkatan mereka di pada jabatan tersebut berlaku hingga tahun 2021 mendatang, namun saat ini oleh DPW PA Aceh Barat mengambil kebijakan yang tidak sesuai aturan yang memberhentikan mereka oleh Plt ketua dan sekretaris partai tanpa alasan yang jelas. 

Mereka juga mengaku selama ini tidak pernah ditegur baik secara lisan atau pun tulisan, dan mengaku tidak pernah melakukan kesalahan apa pun dalam melaksanakan tugas partai di tingkat kecamatan.

"Kami sudah berhasil membawa Partai Aceh di Aceh Barat sebagai pemenang Pemilu 2019 dengan meraih kursi terbanyak. Tapi sekarang perjuangan kami dianggap tidak ada, kami sangat kecewa," kata Hamdani.

Zulkarnaen mengatakan, bahwa para Ulee Balang sangat setia dan loyal terhadap partai, dengan bukti kemenagan pada pemilu dan pileg belakangan ini sebagai bukti perolehan suara terbanyak, namun sayangnya ulee balang harus segera dipecat menjelang Muswil tanpa musyawarah.

Lebih lanjut kata Zulkarnaen, seharusnya ada kelonggaran agar ada yang ingin mencalonkan diri secara bermatabat sesusuai AD/ART partai sehingga Partai Aceh benar-benar partai rakyat bukan partai seseorang.

Sosialisasi Beasiswa Program Indonesia Pintar, Ini Kata Wali Kota Subulussalam

Wakil Menteri PUPR: Mari Kawal Bersama Pembangunan Jembatan Enang-Enang

Wanita Ini Bermimpi Dililit Ular Hingga tak Sadar Bacok Suami Berkali-kali saat Tidur

Halaman
12
Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved