Berita Langsa

19 Gampong di Langsa Sudah Salurkan BLT DD, Hari Sabtu, 6 Juni 2020, Menyusul 24 Gampong Lagi

Sampai saat ini baru 19 gampong yang ada di Wilayah Kota Langsa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama...

SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Kepala Dinas Pemberdayaan Maayarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Sampai saat ini baru 19 gampong yang ada di Wilayah Kota Langsa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama.

Sedangkan sisanya sebanyak 50 gampong dari total 66 gampong di 5 hari kecamatan daerah ini, dalam waktu dekat akan menyalurkan BLT DD yang terdampak pandemi covid-19 ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Maayarakat Gampong (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP, kepada Serambines.com, Jumat (05/06/2020) mengatakan, gampong yang telah menyalurkan BLT DD tahap pertama hingga tanggal (04/05/2020) ada 19 gampong.

Kemudian pada Jumat hari ini, 3 gampong sedang melakukan proses pencairan BLT DD, yaitu Gampong Kebun Ireng, Gampong Sidodadi, dan Gampong Buket Metuah.

Sementara itu, ada 24 gampong yang kini berkasnya untuk penyaluran BLT DD ini sudah berada di Bank Aceh Syariah Cabang Langsa, tinggal menunggu proses transfer ke rekening warga penerima.

"Dipastikan hingga Sabtu (06/06/2020) besok, BLT DD terhadap 27 gampong tersebut akan selesai disalurkan oleh pihak bank ke reksning penerima manfaat," ujarnya.

New Normal di Nagan Raya, Ini Tiga Hal yang akan Diterapkan di Kantor Publik Hingga Pasar

KTT PT Mifa : Momentum Hari Lingkungan Hidup Penting Dalam Menyambut Fase New Normal

Sengketa Lahan Puskesmas Beutong, Nagan Raya, Ini Putusan PN Suka Makmue

Al Azmi menambahkan, dari 27 gampong yang melakukan pencairan BLT DD hingga hari ini dan ditambah 16 gampong yang telah menyalurkan sebelumnya, maka total menjadi 43 gampong yang telah menyalurkan. 

Sedangkan untuk sisanya atau sebanyak 27 gampong yang belum menalurkan BLT DD ini, kini sedang diupayakan ubtuk secepatnya dilakukan pencairannya.

Al Azmi berharap selambatnya pada Senin (08/06/2020) terhadap 27 gampong itu agar dapat mengirimkan daftar penerima ke Bank Aceh, guna dilakukan proses lebih lanjut untuk ditransfer ke rekening penerima.

Dia menjelaskan bahwa hambatan di lapangan pihak gampong masih melakukan proses musdessus final, verfikasi dan validasi data penerima BLT DD di gampong.

Sehingga bantuan dari dana gamoong ini (BLT DD) tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tindih data penerima PKH, BST, BNPT, dan Kemensos.

Menurut Al Azmi, keterlambatan penyaluran BLT DD ini dikarenakan pihak gampong masih dalam validasi data warga yang mwmang belum pernah mendapatkan BLT selama covid-19.

Karena warga yang telah mendapat bantuan di maa pandemi ini dari pusat, tidak dibolehkan lagi doible  bantuan atau mendapatkan lagi dari BLT DD.(*)

Mau ke Sabang? Jangan Lupa Buat Surat Kesehatan dan Kelengkapan Ini

Polri Bersihkan Longsor di Lintasan Tangse - Geumpang

Meski Masuk Zona Merah, Lhokseumawe Sudah 12 Hari Nol ODP dan Nol PDP

Penulis: Zubir
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved