Berita Aceh Malaysia

Haji Uma Pulangkan 4 TKI Asal Aceh, Setelah Tiga Bulan Berada di Penampungan Dinsos Kalbar

Daud menyebut, dari empat TKI tersebut tiga orang berasal dari Aceh Tamiang dan 1 orang dari Aceh Utara.

SERAMBINEWS.COM/Handover
Empat TKI Asal Aceh yang sempat tiga bulan berada di tempat penampungan Dinsos Kalbar, saat berada di Bandar Udara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (8/7/2020). Mereka dibawa pulang ke Aceh oleh Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman (Haji Uma), melalui bandara Kualanamu, Sumatera Utara. 

SERAMBINEWS.COM - H. Sudirman atau yang lebih akrab disapa Haji Uma anggota DPD RI kembali memulangkan empat tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Aceh yang mengalami masalah di negeri jiran, Malaysia.

“Keempat TKI ini dideportasi dari Malaysia melalui Entikong Kalimantan Barat,” tulis Muhammad Daud, staf khusus Haji Uma kepada Serambinews.com, Rabu (8/7/2020).

Daud menyebut, dari empat TKI tersebut tiga orang berasal dari Aceh Tamiang dan 1 orang dari Aceh Utara.

Mereka sempat tiga bulan bertahan di tempat penampungan Dinas Sosial Kalimantan Barat bersama 32 TKI lainnya dari berbagai provinsi.

Mereka direncanakan akan dipulangkan oleh Kementerian Sosial RI dengan menggunakan kapal Pelni secara estafet.

Namun, kata Daud, setelah hampir tiga bulan, kapal Pelni yang ditunggu belum datang.

Pemukul Hakim Mahkamah Syariah Aceh Timur dengan Palu Sidang Terancam Pidana Penjara 1,4 Tahun

Perkembangan Terbaru Rencana Pemulangan Warga Aceh dari Malaysia, Ini Nomor yang Bisa Dihubungi

Para TKI asal Aceh (baju kaos merah) didampingi Staf Dinsos Kalimantan Barat dan Staf DPD RI Kalbar sebelum melakukan perjalanan udara dari Pontianak menuju Medan Sumatera Utara, Rabu (8/7/2020).
Empat TKI asal Aceh (baju kaos merah) berfoto bersama Anggota DPD RI asal Kalbar Erlinawati, SH., M.A.P, Kepala Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kalbar Yuline Marhaeni, serta Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson, di Bandara Supadio Pontianak sebelum berangkat menuju Kualanamu Sumatera Utara, Rabu (8/7/2020).(SERAMBINEWS.COM/Handover)

Informasi diterima, kata Daud, Gubernur Kalimantan Barat ikut melayangkan surat kepada para gubernur yang memiliki warganya di penampungan dinas sosial untuk membantu fasilitasi pemulangan ke kampung halaman masing-masing.

Karena keadaan yang semakin sulit, lanjut Daud, para TKI asal Aceh kemudian menghubungi Haji Uma memohon untuk membantu proses memulangkan mereka kembali ke Aceh.

Kepada Haji Uma, para TKI itu menyampaikan keluh kesah selama 3 bulan berada di penampungan Dinsos Kalbar, termasuk merayakan hari raya Idul Fitri di penampungan.

Sewa Bus, Haji Uma Jemput 33 TKI Asal Aceh yang Dikarantina di Medan

Perusahaan Dilarang Pasok Pekerja Asal Zona Merah ke Aceh Barat

Mendengar curahan hati para TKI itu, Haji Uma langsung membeli tiket untuk para TKI.

Halaman
123
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved