Kupi Beungoh

Benarkah Pemulangan TKI Aceh di Malaysia Urusan Pemerintah Pusat? Mari Belajar dari Pemkab Batubara

Kita bisa belajar dari apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dan Batubara serta Pemerintah Kota Tanjungbalai selama wabah Covid-19

Facebook/Fahmi M. Nasir
Fahmi M Nasir, Mahasiswa S3 Fakultas Hukum Universitas Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM). 

Oleh Fahmi M. Nasir*)

Pada, Rabu 8 Juli 2020, saya menerima sepotong gambar yang merupakan berita yang dimuat pada Harian Serambi Indonesia.

Berita itu berjudul "Pemulangan TKI Aceh di Malaysia Urusan Pusat".

Berita itu merupakan jawaban yang masing-masing diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Ir Iskandar Syukri dan Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri saat mereka dimintai penjelasan dan konfirmasi oleh media Serambi Indonesia terkait dengan TKI warga Aceh yang minta dipulangkan dari Malaysia.

Inti dari penjelasan mereka adalah sebagai berikut:

1. Ir Iskandar mengatakan pemulangan tenaga kerja asal Aceh di Malaysia yang sudah habis masa kontraknya merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Ia menambahkan bahwa dalam beberapa gelombang pemulangan TKI asal Indonesia di Malaysia sebelumnya ada TKI legal dan ada juga yang ilegal. Pemulangan itu dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta dan Bandara Kualanamu, Sumut. Ia juga menambahkan bahwa 'kita tunggu saja dulu informasi dari pusat'.

2. Alhudri pula mengatakan biasanya proses awal tahapan pemulangan TKI dimulai dari pihak Kementerian Luar Negeri dan KBRI. Dinas Sosial pula, siap membantu penanganan TKI asal Aceh dari Malaysia ke Aceh. Ia menambahkan bahwa sebelumnya ada beberapa orang TKI asal Aceh yang dipulangkan pada masa awal merebaknya wabah covid-19 melalui pelabuhan di Sumut. Ia mengakhiri konfirmasinya dengan menyebutkan bahwa terkait adanya TKI asal Aceh di Malaysia yang minta dipulangkan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi dari pihak Kementerian Luar Negeri maupun KBRI di Malaysia.

Pemerintah Aceh Belum Dapat Kabar dari Pusat Terkait Kepastian Pemulangan TKI Asal Aceh di Malaysia

Perkembangan Terbaru Rencana Pemulangan Warga Aceh dari Malaysia, Ini Nomor yang Bisa Dihubungi

Menarik, Wacana Pemulangan Warga Aceh dari Malaysia

Sudah pasti berita itu segera saja menarik perhatian saya yang selama ini mencoba untuk menjembatani urusan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Aceh baik dengan Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh.

Pertanyaan yang timbul sekarang apakah betul pemulangan TKI Aceh di Malaysia ini urusan Pemerintah Pusat?

Konsideran dan Belajar dari Pemkab Batubara

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved