Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Jelang Idul Adha 1441 H, Harga Sapi di Lhokseumawe dan Bireuen Meningkat

Menjelang lebaran Idul Adha di akhir bulan Juli 2020, harga jual hewan ternak di Kota Lhokseumawe dan di Kabupaten Bireuen mulai mengalami kenaikan...

For Serambinews.com
Ketua Lazismu Lhokseumawe, Farhan Zuhri Baihaqi saat survei harga-harga hewan qurban di kawasan Samuti Geureugok, Kabupaten Bireuen, Senin (20/7/2020). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

 

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE – Menjelang lebaran Idul Adha di akhir bulan Juli 2020, harga jual hewan ternak di Kota Lhokseumawe dan di Kabupaten Bireuen mulai mengalami kenaikan harga.

Hargnya pun bervariasi mulai dari harga sapi, kerbau, kambing, dan biri-biri jantan.

Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah, Farhan Zuhri Baihaqi, kepada Serambinews.com, Senin (20/7/2020) mengatakan, harga hewan ternak jantan untuk hewan qurban mulai merangkak naik dibandingkan dengan hewan pekan sebelumnya.

“Meningkatnya harga hewan ternak qurban, karena hewan qurban setiap Idul Adha sangat banyak dibutuhkan masyarakat di empat Kecamatan dalam wilayah Kota Lhokseumawe,” ujarnya.

Disebutkan, harga sapi jantan di kawasan Bireuen jenis sapi Aceh, Bali dan jenis lainnya, yang memenuhi syarat sebagai hewan qurban berat 80 kilogram, mencapai Rp 15 juta, berat 100 kilogram mencapai Rp 20 juta dan 150 kilogram mencapai Rp 30 juta.

Sedangkan, harga hewan ternak pekan sebelumnya hewan qurban berat 80 kilogram Rp 13,5 juta per ekor, berat 100 kilogram Rp 17 juta per ekor. Sementara harga hewan qurban kambing jantan sebelumnya Rp 2,5 juta per ekor naik menjadi Rp 3,5 juta per ekor. Biri-biri (domba) jantan sebelumnya Rp 1,5 juta per ekor, naik menjadi Rp 2,2 juta per ekor.

Jelang Hari Raya Idul Adha, harga hewan Qurban di kawasan Lhokseumawe, Aceh Utara dan Bireuen meningkat.

"setelah kita survei, harga sapi meningkat 1 juta hingga 2 juta rupiah per ekor sapi dari hari biasanya,” sebutnya.

Ditambahkannya, biasanya 2 pekan sebelum lebaran kita sudah mencari hewan qurban, mulai kita cari dari Kota Lhokseumawe hingga ke kota sebelah Kabupaten Bireuen sebelum nantinya harga hewan tersebut meningkat tajam.

Sampai saat ini Lazismu Lhokseumawe telah menghimpun Qurban Sapi dengan jumlah 8 ekor dan Kambing 9 ekor.

"Semoga tahun ini kita mencapai target penghimpunan, agar masyarakat yang membutuhkan bisa berhari raya dengan gembira," pungkasnya.(*)

Tidur di Luar Rumah, Satu Keluarga di India Tewas Tertimpa Dinding yang Dirobohkan Gerombolan Monyet

Kepala Kankemenag Aceh Barat Pantau PBM Tatap Muka di Madrasah

Kejari Bener Meriah Eksekusi Tiga Terpidana Kasus Korupsi Pembangunan dan Rehabilitasi Sarana Ibadah

 

Penulis: Zaki Mubarak
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved