Breaking News:

Update Corona di Aceh

Tak Perlu Ada Kerja Sama Periksa Swab Covid-19, Ini Penjelasan Pemerintah Aceh

“Kita menganggapnya cara elite kita tunjukkan kepedulian meski tak sesuai alur kebijakan penanganan spesimen swab Covid-19."

For. Serambinews.com
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tidak perlu ada kerja sama untuk pemeriksaan swab terkait Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan laboratorium yang ditunjuk Menteri Kesehatan (Menkes) RI sebagai jejaring Laboratorium Pemeriksaan Covid-19.

Laboratorium Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan satu dari 163 jejaring laboratorium Covid-19 itu.

Penegasan itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) kepada Serambinews.com, Minggu (9/8/2020), terkait pemberitaan “Uji Swab Tak Perlu ke Jakarta”.

Sebelumnya, media ini memuat protes Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, Anggota Komisi V DPRA, dr Purnama Setia Budi, dan Ketua Ombudsman RI Aceh, Taqwaddin Husin, terkait pengiriman sampel swab ke Balitbangkes RI Jakarta karena Balitbangkes Aceh tidak beroperasi untuk sementara waktu.

Ketiganya protes pengiriman swab itu ke Jakarta dan mendesak Pemerintah Aceh untuk bekerja sama dengan Laboratorium FK Unsyiah, seperti yang telah dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Tanggulangi Covid-19, Mobil PCR Aceh Segera Tiba, Bisa Uji Swab Seribu Sampel Sehari

Pemkab Nagan Raya akan Siapkan Qanun Protokol Kesehatan Pencegahan Corona, Termasuk Sanksinya

Pasien Positif Covid-19 di Aceh Besar Bertambah Jadi 141 Orang

Bahkan, menurut Ketua Ombudsman RI Aceh, Taqwaddin Husin, pengiriman sampel swab ke Jakarta itu maladministrasi dan tidak pro-publik.

“Kita menganggapnya cara elite kita tunjukkan kepedulian meski tak sesuai alur kebijakan penanganan spesimen swab Covid-19. Tentu saja kita pahami karena Beliau bicara teknis epidemiologis yang bukan keahliannya,” ujar SAG.

Menurut SAG yang juga Jubir Covid-19 Aceh itu, sesuai Keputusan Menkes RI Nomor 405 Tahun 2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Covid-19, Laboratorium FK Unsyiah ditetapkan sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19.

SAG menjelaskan, laboratorium pemeriksaan Covid-19 memiliki tugas antara lain, menerima spesimen untuk pemeriksaan Covid-19 dari rumah sakit (RS), dinas kesehatan (Dinkes), atau laboratorium kesehatan (Labkes) lainnya.

Halaman
123
Penulis: Subur Dani
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved