Breaking News:

Berita Aceh Barat

Mediasi belum Temui Titik Temu, Tuntutan Pelunasan Upah Karyawan Mengambang Gara-gara Hal Ini

Mediasi yang dipelopori oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Aceh Barat di aula kantor tersebut, Kamis (22/10/2020), masih terkatung-katung.

Dok Disnaker Aceh Barat
Kadisnaker Aceh Barat pose bersama usai melakukan mediasi dengan manajemen PT Mopoli Raya dan karyawannya di Aula Disnaker Aceh Barat, Kamis (22/10/2020). 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Perundingan penyelesaian tuntutan karyawan terhadap pembayaran upah kerja dari pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Mopoli Raya, belum juga tuntas.

Mediasi yang dipelopori oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Aceh Barat di aula kantor tersebut, Kamis (22/10/2020), masih terkatung-katung.

Sebab, terkait pembayaran upah kerja karyawan, pihak yang mewakili perusahaan tidak berani ambil keputusan karena harus berkoordinasi lagi dengan manajemen di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara itu, dalam mediasi yang diinisiasi oleh Disnaker Aceh Barat itu menghadirkan perwakilan dari pihak perusahaan PT Mopoli Raya dan perwakilan dari para karyawan.

Para karyawan dalam kesempatan tersebut hanya meminta kejelasan dan jadwal pembayaran gaji mereka saja. Karena sebelum ada pembayaran upah kerja, maka mereka belum bisa melakukan aktivitas kerja seperti biasa.

Baca juga: 625 Karyawan Mogok Kerja dan Segel Kantor

Baca juga: Disnaker Aceh Barat Ungkapkan Kisruh Karyawan dengan Perusahan Sudah Berulang Kali Terjadi  

Baca juga: Penyelesaian Gaji Karyawan Buntu, Operasional PT Mopoli Raya Terhenti

Sedangkan perwakilan dari pihak perusahaan dalam kesempatan tersebut tidak bisa memberikan kepastian jadwal untuk melunasi upah karyawan bulan Agustus, seperti dituntut oleh pihak karyawan.

T Ambiya, sebagai perwakilan perusahaan dalam mediasi itu tidak bisa memberikan keputusan pasti. Ia menyatakan, dirinya akan melakukan koordinasi kembali dengan pihak manajemen PT Mopoli Raya di Medan.

Pihak perusahaan menyatakan, mereka nanti akan menyampaikan sikap mereka terkait tuntutan pembayaran upah kepada Disnaker Aceh Barat sebagai pihak yang memediasi masalah tersebut.

Seperti diketahui, sebanyak 625 orang karyawan PT Mopoli Raya tertunggak gaji mereka selama tiga bulan, sejak Juli, Agustus, dan bulan September.

Halaman
12
Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved