Breaking News:

Berita Aceh Besar

Tak Pernah Sumbang PAD, Anggota Dewan Usul PDAM Tirta Montala Diserahkan ke Swasta, Ini Respon Dirut

“Namun, saat ini belum memberikan kontribusi PAD ke kas Pemkab Aceh Besar karena pelanggan PDAM Tirta Mountala belum mencapai target,” papar Khubbie.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Wakil Komisi III DPRK Aceh Besar, Khubbie Elrisal 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, ACEH BESAR - Wakil Komisi III DPRK Aceh Besar, Khubbie Elrisal menyorot keberadaan PDAM Tirta Montala yang belum bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) hingga sekarang.

Padahal, ucapnya, PDAM ini seharusnya memiliki potensi sebagai salah satu penyumbang PAD yang besar kepada Pemkab Aceh Besar di masa mendatang.

“Namun, saat ini belum memberikan kontribusi PAD ke kas Pemkab Aceh Besar karena pelanggan PDAM Tirta Mountala belum mencapai target,” papar Khubbie Elrisal Serambinews.com, Senin (16/11/2020).

“Inilah yang harus dipikirkan Pemkab Aceh Besar bagaimana mengembangkan PDAM Tirta Mountala sehingga menjadi penyumbang PAD untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat dan pembangunan di Aceh Besar,” lanjutnya.

"Kalau pelanggan PDAM tak berkembang, ini akan merugikan daerah karena PAD nihil dari tahun ke tahun, sementara setoran rekening air pelanggan ada juga yang masuk setiap bulannya ke PDAM, namun hanya cukup untuk biaya operasional,” urai Khubbie.

Baca juga: VIDEO 10 Puskesmas di Pedalaman Aceh Utara Terima Ambulans Baru

Baca juga: Sejumlah Pejabat dan Anggota DPRK Abdya Kembalikan Uang ke Kas Daerah, Mengapa?

Baca juga: Ini yang Dilakukan DLH Simeulue untuk Mengurangi Sampah

Oleh karena itu, Komisi III DPRK Aceh Besar menyarankan kepada Bupati Mawardi Ali agar pengelolaan PDAM dialihkan kepada pihak ketiga atau swasta sebagai pemodal sehingga bisa mendatangkan PAD.

Di sisi lain, politisi Partai Gerindra ini meminta kepada pihak PDAM Tirta Mountala harus segera membuat terobosan untuk mengembangkan jaringan air bersih di Aceh Besar, sehingga bisa menambah jumlah pelanggan.

"PDAM Tirta Mountala harus berinovasi dan lakukan penembangan, karena memiliki potensi pasokan suplai air bersih ke pelanggan baru. Sehingga desa-desa yang belum memiliki air bersih bisa disuplai air dari PDAM," jelas Khubbie.

Ia menerangkan, untuk mengembangkan pelanggan PDAM Tirta Mountala di Aceh Besar, harus dilakukan berbagai terobosan dan inovasi, salah satunya membenahi pelayanan, serta menambah atau menhembangkan jaringan air bersih, dan menjaga pasokan air selalu stabil.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved