Breaking News:

Berita Kutaraja

Pengamatan Hilal di Aceh Tertutup Awan, Sidang Itsbat Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa Besok

Sedangkan tinggi hilal 3,56 derajat di atas ufuk, elongasi 4,57 derajat, dan  hilal terbenam pada pukul19.03 WIB. 

www.serambitv.com
Tim Kantor Kementerian Agama Aceh Utara dan Lhokseumawe serta berbagi pihak terkait lainnya, menggelar Rukyat hilal di Bukit Tower Komplek Perumaham PT Perta Arun Gas, Batuphat, Lhokseumawe, Kamis (23/4/2020). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Berdasarkan hasil pemantauan  Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh di Observatorium Teungku Chik Kuta Karang, Lhoknga dan sejumlah daerah lainnya di Aceh, hilal Ramadhan tidak terlihat di Aceh pada Senin (12/4/2021) atau 29 Syakban 1442 Hijriah.

Hal tersebut diakibatkan kondisi cuaca di Aceh mendung sehingga hilal tertutup awan.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, Drs Amiruddin, MA mengatakan, berdasarkan pantauan di Auditorium Hilal Tgk Chiek Kuta Karang, posisi hilal berada pada 276,68 derajat dari utara searah jarum jam.

Sedangkan tinggi hilal 3,56 derajat di atas ufuk, elongasi 4,57 derajat, dan  hilal terbenam pada pukul19.03 WIB. 

Amiruddin mengatakan, laporan tersebut telah dikirim ke Kemenag RI untuk menjadi bahan pertimbangan dalam sidang itsbat yang dipimpin oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga: Ancam Karyawan Toko, Pria di Lhokseumawe Diperiksa Polisi, Dalam Tasnya Ditemukan Barang Ini

Baca juga: VIDEO Truk Bermuatan Rokok Ilegal Asal Jambi Ditangkap di Perbatasan Aceh Tamiang

Baca juga: VIDEO Meski Dilarang Bupati, Tradisi Meugang Ramadhan 1442 H di Abdya Tetap Semarak

"Sampai sekarang, bulannya belum terlihat karena berawan, mendung makanya tidak terlihat bulan. Kita bergerak terus, ini langsung kita laporkan ke pusat," kata Amiruddin didampingi Kabid Urais, Drs H Marzuki A MA.

Berdasarkan sidang istbat ditetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada Selasa (13/4/2021) besok. Hal itu dikarenakan hilal terlihat di sejumlah daerah di Indonesia.

Sementara itu, Ahli Falakiyah Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra menjelaskan, ijtima awal Ramadhan 1442 H hari Senin pukul 09.13 WIB.

Ketinggian hilal untuk Markas Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar pada 29 Syakban adalah 3,55 derajat di atas ufuk.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved