Breaking News:

Berita Langsa

Langsa Dilanda Hujan Disertai Angin Kencang, Dua  Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Aliran listrik di Gampong Suka Jadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama juga sempat padam, karena kabel listrik terputus oleh pohon tumbang.

Foto kiriman warga
Rumah salah satu milik warga Gampong Sukajadi Kebun Ireng, dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon pasca hujan lebat dan angin kencang 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Dampak hujan lebat disertai angin yang melanda Kota Langsa, Kamis (22/4/2021) petang ini, mengakibatkan 2 rumah rusak tertimpa pohon dan mengganggu (padam) aliran listrik di sejumlah gampong. 

Kalaksa BPBD Kota Langsa, Nursal Saputra, S.STP, MAP, didampingi Kabid Kedaruratan, Zainal Abidin, mengatakan, hujan disertai angin ini terjadi sejak pukul 14.15 WIB di wilayah Kota Langsa mengakibatkan pohon tumbang di berapa lokasi.

Menurutnya, Pohon Tumbang juga ada yang menimpa rumah warga, serta menimpa kabel arus listrik, dan juga badan jalan , sehingga menggangu aktivitas warga pengguna jalan.

Dia merincikan, dampak pohon tumbang aliran listrik di Gampong Suka Jadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama terjadinya pemadaman, karena kabel listrik  terputus oleh pohon tumbang.

Selain itu, pohon tumbang juga melintangi badan jalan Gampong Pondok Keumuning, Kecamatan Langsa Lama, menyebabkan arus transportasi daerah ini terganggu.  

Kemudian, pohon tumbang mengakibatkan rumah milik Sinarno (54) terutama bagian depan dan dapur rumah rusak. Keluarga sidiami 7 orang ini harus mengungsi sementara kw rumah tetangga. 

Baca juga: Fakultas Kedokteran USK Lantik 17 Dokter Spesialis

Baca juga: 29 Gampong di Nagan Raya belum Terima Dana Desa

Baca juga: Heboh, Mahasiswa Joget Bareng pada Kafe di Peunayong

Baca juga: Final, Pilkada Aceh 2024 Tertuang dalam Surat Kemendagri

Lalu, rumah Zainal Abidin (54) bagian atap bagian tengah rusak tertimpa pohon durian, bahkan bagian dapurnya rusak parah (roboh). 

Kedua rumah warga yang rusak tertimpa pohon ini berada di Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama. 

Begitu juga di Gampong Jawa, Kecamatan Langsa, sejumlah pohon tumbang mengganggu badan jalan daerah itu. 

Sedangkan pasca hujan dan angin kencang, satu baliho di Jalan A Yani, depan bekas SMA Jaya Kota Langsa juga rusak, namun tidak sempat mengenai warga yang melintas.

Baca juga: Biduan Dangdut Wanita Rudapaksa Pemuda 16 Tahun Selama 3 Hari, Korban Dicekoki Minuman Keras

Baca juga: Mahasiswa Gelar Konser Amal dan Timbulkan Kerumunan, Kafe Disegel, Pemilik & Penyelenggara Dipidana

Baca juga: AHY dan Ahmad Syaikhu Gelar Pertemuan Tertutup, Ini Hasil Kesepakatan Demokrat-PKS

Menurut Kabid Kedaruratan, Zainal Abidin, setelah mendapat informasi pohon tumbang petugas TRC dan Pusdalops BPBD pukul 15.07 WIB langsung turun ke lokasi.

"Petugas dengan menggunakan alat 2 unit chainsaw dan tali turun ke lokasi melakukan evakuasi dan pembersihan pohon tumbang," ujarnya.

Dia menambahkan, evakuasi dan pembersihan pohon tumbang selesai dilakukan pukul 18.00 WIB oleh petugas BPBD dibantu oleh warga setempat.

Tim PLN juga trun ke lokasi melakukan perbaikan arus listrik di daerah permukiman warga yang sempat padam pascahujan dan angin kencang petang tadi.(*)

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved