Breaking News:

Internasional

Petinggi AS di Timur Tengah Sebut Sekutunya Mulai Gelisah Terhadap Program Nuklir Iran

Pejabat tinggi Presiden AS Joe Biden yang juga senator AS mengunjungi Timur Tengah pada Senin (3/5/2021) menyebut sekutunya mulsi gelisah atas program

AP
Senator AS, Chris Coons 

SERAMBINEWS.COM, ABU DHABI - Pejabat tinggi Presiden AS Joe Biden yang juga senator AS mengunjungi Timur Tengah pada Senin (3/5/2021) menyebut sekutunya mulsi gelisah atas program nuklir Iran.

Dia berusaha meredakan kegelisahan yang meningkat di antara mitra Teluk Arab atas keterlibatan kembali Amerika Seikat dengan Iran dan perubahan kebijakan lainnya di wilayah tersebut.

Perjalanan itu dilakukan ketika AS dan Iran, melalui perantara di Wina, membahas kembalinya ke kesepakatan nuklir Teheran tahun 2015 yang ditinggalkan mantan Presiden Donald Trump tiga tahun lalu.

Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan sekutu Teluk lainnya, yang dikecualikan dari negosiasi nuklir era Obama, telah berulang kali mendesak mendapatkan kursi di meja perundingan.

Mereka bersikeras pengembalian apapun ke perjanjian harus membahas program nuklir dan rudal balistik Iran serta dukungan untuk proksi regional.

Senator AS, Chris Coons, sekutu utama Biden yang dikirim untuk misi diplomatik luar negeri , mengatakan kepada wartawan di ibu kota UEA, Abu Dhabi, berharap menghilangkan kekhawatiran tersebut.

Dia menyatakan dapat dimengerti dan sah tentang kembalinya ke kesepakatan penting untuk menciptakan keterlibatan yang lebih luas dengan mitra Teluk.

Baca juga: Iran Siap Bebaskan Empat Warga AS, Barter dengan Empat Warganya, AS Menolak

Coons mengatakan konsultasi erat dengan UEA tentang pembicaraan yang sedang berlangsung di Wina adalah penting.

dia menambahkan Emirat mungkin tidak hanya diberi tahu, tetapi benar-benar membantu.

Artinya masih belum jelas, karena negara-negara Teluk sekarang menyaksikan dengan pengunduran diri saat negosiasi mendapatkan daya tarik di ibu kota Austria.

Halaman
1234
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved