Breaking News:

Berita Banda Aceh

Untuk Memutus Rantai Penularan Covid, 3T dan 3M Sama Pentingnya bagi Aceh

peningkatan kasus positif Covid-19 boleh jadi dikarenakan tidak lagi maksimalnya praktik 3T dilakukan di tengah masyarakat

FOR SERAMBINEWS.COM
Dosen senior Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK), Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Melonjaknya kembali jumlah warga Aceh maupun pendatang yang terinfeksi Covid-19 di provinsi paling barat Indonesia ini mengundang keprihatinan Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS.

Dosen senior Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) ini menduga peningkatan kasus positif Covid-19 boleh jadi dikarenakan tidak lagi maksimalnya praktik 3T dilakukan di tengah masyarakat.

Sebagaimana diketahui, 3T terdiri atas tiga langkah, yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

"Pemeriksaan dini (testing) tentunya menjadi sangat penting dilakukan agar pasien bisa mendapatkan perawatan dengan cepat.  Tak hanya itu, dengan mengetahui lebih cepat, kita bisa menghindari potensi penularan terhadap orang lain," ujar Azharuddin menjawab Serambinews.com, Senin (17/5/2021) pagi.

Baca juga: Petugas Ambulans India Buang Puluhan Mayat Korban Covid-19 ke Sungai

Kemudian, kata Azharuddin, pelacakan harus dilakukan terhadap kontak-kontak yang terdekat dengan pasien positif Covid-19.

"Setelah diidentifikasi oleh 'petugas kesehatan', kontak erat pasien harus melakukan isolasi atau mendapatkan perawatan (treatment) lebih lanjut," sarannya.

Seandainya ketika dilacak si kontak erat menunjukkan gejala, maka perlu dilakukan tes, yakni kembali ke praktik pertama (testing). 

"Dalam hal 3T ini nanti benar-benar jelas siapa harus mengerjakan apa. Jadi, pihak yang berwenang harus sangat proaktif," imbuh Azhar yang pada tahun pertama pandemi di Aceh kaya pengalaman menangani pasien-pasien Covid-19 di RSUZA Banda Aceh.

Baca juga: VIDEO Serangan Israel Makin Brutal, 10.000 Warga Palestina Tinggalkan Rumah di Gaza

Ia mengingatkan bahwa penerapan praktik 3T itu sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Halaman
1234
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved