Breaking News:

Kupi Beungoh

Nek Munah Pidie Jaya, KPK, dan Pembangunan Kita (III)

Apa yang membuat kawan-kawan Nek Munah cs itu jarang sekali menderita penyakit jantung, diabetes, dan kanker?

KOLASE SERAMBINEWS.COM
Prof. Dr. Ir. Ahmad Humam Hamid, M.A, Sosiolog dan Guru Besar Universitas Syiah Kuala. 

Ahmad Humam Hamid*)

KETIKA ada kawasan-kawasan yang mempunyai suatu kemiripan tertentu, terutama seperti fenomena manusia usia lanjut yang telah berlansung sangat lama, maka pertanyaannya adalah apa yang membuat mereka berumur panjang?

Secara lebih spesifik, faktor apa saja yang telah menjadikan penduduk Okinawa Jepang, Loma Linda California, Nicoya Costa Rica, Sardinia Italia, dan Ikaria Yunani tidak hanya panjang umur, namun juga disertai dengan sehat, dan aktif bahkan setelah umur seratus tahun sekalipun.

Untuk lebih terang benderang lagi, kenapa Nek Munah cukup banyak di ke lima kawasan itu.

Apa yang membuat kawan-kawan Nek Munah cs itu jarang sekali menderita penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Hampir tak ada yang mempunyai dimentia-penyakit lupa, tidak menderita encok dan sakit tulang, dan bahkan mampu mengurus dirinya.

Orang tua di sejumlah kawasan itu sangat aktif.

Mereka berkebun, menggembalakan ternak, menanam bunga dan merawat taman, dan bahkan mempersiapkan makanan untuk dirinya sendiri dan pasangannya.

Pengamatan dan penelitian yang dilakukan oleh Dan Buetner yang dituangkan dalam buku Blue Zone menjelaskan kekhususan gaya hidup komunitas di masing-masing kawasan yang telah menjadi tradisi, dan berakar pada kondisi setempat.

Apa yang mereka kerjakan, apa yang mereka konsumsi, dan bagaimana kehidupan sehari-hari, mereka sama sekali tidak terlepas dari respons mereka terhadap lingkungan mereka hidup.

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved