Breaking News:

Kajian Islam

Pembagian Umat Menjadi Dua Golongan, Umat Risalah dan Umat Dakwah, Berikut Penjelasan di Masjid HKL

Penjelasan ini disampaikan oleh khatib khutbah di Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh, Khatib Tgk H Muhammad Yus, Jumat (20/8/2021).

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Amirullah
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Khatib di Masjid Haji Keuchik Leumiek (HKL) Banda Aceh, Jumat (20/8/2021) 

SERAMBINEWS.COM – Secara umum umat Islam terbagi menjadi dua golongan, yakni golongan umat risalah dan golongan umat dakwah, golongan umat dakwah adalah manusia yang hidup setelah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul dan golongan risalah adalah manusia yang mengikuti yang disampaikan Nabi.

Penjelasan ini disampaikan oleh khatib khutbah di Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh, Khatib Tgk Umar Ismail SAg, Jumat (20/8/2021).

Dengan Imam Jumat Imam Tgk H Munawir Darwis Lc MA, pada kesempatan tersebut khatib mengulas mengenai golongan umat.

Sebagaimana dalam hadist yang menyebutkan bahwa akan terjadi perpecahan umat menjadi 73 golongan.

“Ketahuilah, ketika sedang bersama kami Rasulullah SAW bersabda, “Ketahuilah! Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari kalangan ahlu kitab berpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan, dan umatku akan berpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan. Tujuh puluh dua golongan masuk neraka dan satu golongan masuk surga, yaitu al-jama’ah,”(HR. Abu Dawud).

Penjelasan hadist ini berkaitan dengan golongan Islam yang lebih besar, namun secara lebih umum, semua umat Islam bisa dikategorikan menjadi dua golongan, sebagaimana diulas oleh khatib dari atas mimbar.

“Pembagian umat menjadi beberapa golongan, secara umum terbagi dua, yakni umat dakwah adalah manusia yang hidup setelah nabi diangkat Rasul dan menjadi objek dakwah Nabi. Kedua umat risalah. Umat risalah umat yang mengikuti yang disampaikan Tasulullah, umat risalah sudah pasti umat dakwah, namun umat dakwah belum tentu umat risalah,” terang khatib.

Baca juga: Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek - Hidup Tak Lepas dari Peringatan Allah, Tanah pun Berbicara

Baca juga: Khutbah Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek, Khatib: Kerjakan Kemungkaran Maka Balasannya Kejahatan

Umat Dakwah

Umat dakwah ini merupakan manusia yang hidup saat Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul, sampai saat ini umat dakwah masih ada dan tidak akan pernah habis.

Umat dakwah ini adalah manusia yang mesti selalu didakwahkan, orang munafik dan seterusnya, atau untuk lebih mudah dipahami umat dakwah ini adalah mereka yang menjadi objek dakwah Islam.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved