Breaking News:

Berita Banda Aceh

Ketua DPRA: Kok Sibuk Rumah Duafa di Perubahan, di APBA Murni Kenapa Tidak Ada?

"Soal rumah duafa kok sibuknya di anggaran perubahan? Dalam APBA murni 2021 kenapa tidak ada?," kata Dahlan.

Penulis: Subur Dani | Editor: Nurul Hayati
FOR SERAMBINEWS.COM
Dahlan Jamaluddin, Ketua DPRA. 

"Soal rumah duafa kok sibuknya di anggaran perubahan? Dalam APBA murni 2021 kenapa tidak ada?," kata Dahlan.

Laporan Subur Dani  | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tertundanya pembahasan APBA Perubahan 2021 telah menuai polemik dan nampaknya memperpanjang 'kisruh' antara DPRA dengan Pemerintah Aceh.

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin angkat bicara terkait belum dilakukannya pembahasan APBA Perubahan tahun 2021 yang disebut-sebut berdampak pada pembangunan rumah duafa yang akan diusulkan Pemerintah Aceh dan insentif tenaga kesehatan (nakes) di tingkat kabupaten/kota.

Dia menjelaskan, belum dilakukan pembahasan APBA Perubahan secara bersama antara eksekutif dan legislatif karena terbentur aturan yang ada.

Penetapan atau pengesahan perda atau qanun tentang perubahan APBD atau di Aceh disebut dengan APBA Perubahan, baru bisa dilakukan setelah perda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun sebelumnya disahkan atau disepakati.

Aturan itu kata Dahlan, jelas disebutkan dalam Pasal 317 ayat (4) UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

"Sedangkan kita kemarin kan menolak laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBA 2020, nggak perlu kita jelaskan lagi kan kenapa ditolak, sudah jelas dan sudah kami sampaikan sebelumnya. Makanya pembahasan itu (APBA Perubahan) belum bisa kita laksanakan," kata Dahlan dalam wawancara kepada Serambinews.com, Rabu (15/9/2021) pagi ini.

Baca juga: MaTA Sebut Perubahan APBA 2021 Hanya Untuk Kepentingan Elite

Sementara itu, terkait dengan imbasnya terhadap pembangunan rumah duafa dan insentif nakes kabupaten/kota yang akan diusulkan oleh Pemerintah Aceh, Dahlan justru mengatakan sikap Pemerintah Aceh terkesan sibuk di anggaran perubahan.

Lalu dia mempertanyakan, kenapa  pembangunan rumah duafa tidak ada dalam APBA murni 2021.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved