Breaking News:

Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, dr Zaidul Akbar Ungkap 6 Raja Herbal yang Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Rimpang dan rempah ini disebut juga sebagai power of six karena dinilai memiliki kandungan luar biasa untuk menyehatkan tubuh. Apa saja?

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Pixabay
Ilustreasi rempah-rempah 

SERAMBINEWS.COM - Rimpang dan rempah merupakan dua bahan herbal yang memiliki banyak  manfaat untuk kesehatan tubuh.

Rimpang dan rempah umumnya sering kita jumpai sebagi obat herbal alami yang apabila dikonsumsi secara rutin, dua bahan ini memberikan dampak besar bagi tubuh.

Ahli kesehatan sekaligus pakar obat herbal, dr Zaidul Akbar membagikan enam jenis rimpang dan rempah yang dinilai memiliki kandungan luar biasa dan menyehatkan tubuh. Apa saja?

Dilansir Serambinews.com dari kanal YouTube Bisikan.com, Kamis (28/10/2021), dr Zaidul Akbar yang juga merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini mengungkapkan enam jenis rimpang dan herbal yang memiliki khasiat luar biasa.

dr Zaidul Akbar menjelaskan tentang manfaat mengonsumsi jamur-jamuran untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa mencegah kanker.
dr Zaidul AkbarTangkapan Layar Kanal YouTube Zaidul Akbar Official)

Adapun keenam rimpang dan rempah tersebut adalah jahe, serai, kunyit, kayu manis, temulawak dan pandan.

"Ada rimpang yang disebut power of six, ada beberapa rempah dan rimpang itu ada jahe, serai, kayu manis, temulawak, pandan, kunyit," kata dr Zaidul Akbar di awal video.

Baca juga: Resep Herbal Obat Asma ala dr Zaidul Akbar, Cukup dengan Habbatussauda dan 3 Rempah Ini

Keenam rimpang tersebut disebut juga sebagi raja herbal berkat khasiatnya yang luar biasa.

Selain itu, rimpang dan herbal yang disebutkan di atas mengandung antioksidan yang tinggi yakni kurkuminoid, yang apabila dikonsumsi dapat meningkatkan imunitas yang luar biasa bagi tubuh.

"Itu sebenarnya raja-raja herbal yang mempunyai kekuatan antioksidan, kurkuminoid, termasuk meningkatkan imun yang luar biasa kalau dikonsumai pastinya akan menjadi booster imun buat tubuh kita," lanjut dr Zaidul Akbar.

Ada juga makanan yang mengandung probiotik, makanan ini memberikan manfaat yang bagitu besar bagi tubuh khususnya pencernaan.

Probiotik merupakan suplemen untuk membantu melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Probiotik sering disebut sebagai bakteri “baik”.

Makanan yang mengandung probiotik dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia seperti tape hingga tempe.

Baca juga: Resep Sehat Ala dr Zaidul Akbar, Cobain Rempah Ini Bisa Hilangkan Pusing, Mual, Lemas hingga Diare

Selain itu, Anda juga bisa membuat cairan probiotik seperti classic enzyme merupakan cairan yang dihasilkan dari proses fermentasi buah-buahan segar. 

"Baik berupa cairan probiotik, saya anjurkan membuat classic enzyme atau mungkin makanan probiotik seperti tape, tempe," pungkas dr Zaidul Akbar. (Serambinews.com/Firdha Ustin)

Baca juga: Jelang Menikah, Ria Ricis Nyumbang Dana untuk Pembangunan Masjid Al-Jannah di Jakarta Selatan

Baca juga: Cegah Peningkatan Kasus Covid-19, Pemerintah Hapus Cuti Bersama Natal 2021

Baca juga: Periksa Segera Resiko Gangguan Berbahasa Pada Anak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved