Breaking News:

Opini

Adaptasi Demokrasi; Perspektif Islam

Islam juga mengajarkan bahwa manusia adalah khalifatullah dengan pemaknaan sebagai wakil Allah sehingga manusia juga memiliki otonomi dan kedaulatan

Editor: bakri
Adaptasi Demokrasi; Perspektif Islam
FOTO IST
Dr. Phil. Munawar A. Djalil, MA, Pegiat Dakwah dan Peminat Kajian Politik Islam, Tinggal di Cot Masjid Banda Aceh

Oleh Dr. Phil. Munawar A. Djalil, MA, Pegiat Dakwah dan Peminat Kajian Politik Islam, Tinggal di Cot Masjid Banda Aceh

Islam mengajarkan konsep Kemahakuasaan Allah, sehingga kedaulatan ada di tangan Allah SWT.

Islam juga mengajarkan bahwa manusia adalah khalifatullah dengan pemaknaan sebagai wakil Allah sehingga manusia juga memiliki otonomi dan kedaulatan.

Oleh karena itu, Islam bukan hanya mengajarkan kedaulatan Allah, namun ia juga mengajarkan tentang kedaulatan manusia (rakyat).

Demikian kira-kira konklusi bebas dan premis-premis yang dibangun oleh Al-Maududi dalam bukunya “Islamic Law and Constitution” dengan menggunakan istilah Divine Democracy (demokrasi suci) atau Theo Democracy (demokrasi ketuhanan), untuk menyebut kekuasaan Islam yang ada di tangan rakyat, sementara kedaulatan ada di tangan Tuhan, sekadar untuk membedakan dengan konsep demokrasi pada umumnya.

Islam adalah agama yang berbeda dengan konsepsi barat yang memisahkan negara dari kehidupan.

Sebagai agama, Islam bukannya kumpulan theologi yang tidak ada hubungan dengan dunia, plus hanya kumpulam simbol-simbol ritualisasi semata.

Namun Islam adalah “Word View” yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, sehingga Allah melarang manusia mengambil selain Islam sebagai dien.

Dalam pemaknaannya yang sahih baik untuk mengatur interaksi vertikal, horizontal, maupun interaksi dengan dirinya sendiri.

Dalam kontek apapun, Islam telah memiliki sistem yang dalam istilah Alquran disebut Minhaj yang bersifat “fixed” dan “Taken for Granted”.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved