Breaking News:

Pertolongan Pertama

Jangan Dibiarkan Nanti Bisa Infeksi, Ini yang Harus Anda Lakukan Setelah Digigit Anjing

Hal ini bisa jadi serius jika tak segera ditangani. Sebab, pada beberapa kasus, gigitan anjing bisa menyebabkan infeksi hingga mematikan...

Editor: Eddy Fitriadi
KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi digigit anjing. Jangan Dibiarkan Nanti Bisa Infeksi, Ini yang Harus Anda Lakukan Setelah Digigit Anjing. 

SERAMBINEWS.COM - Digigit anjing bisa terjadi saat Anda berjalan di jalan dan anjing tak dikenal tiba-tiba menggigit Anda.

Hal ini bisa jadi serius jika tak segera ditangani. Sebab, pada beberapa kasus, gigitan anjing bisa menyebabkan infeksi hingga mematikan.

Untuk diketahui, gigitan anjing dapat menyebabkan beberapa komplikasi, termasuk infeksi, rabies, kerusakan saraf dan otot, serta masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pertolongan pertama untuk mencegah terjadinya infeksi yang parah. Dilansir dari Pets.Webmd.com, berikut pertolongan pertama setelah digigit anjing:

Hentikan Pendarahan

Ini memang tidak selalu terjadi bila Anda tak sampai diserang anjing bertubi-tubi. Namun, gigitan anjing dapat merobek kulit Anda hingga menyebabkan luka yang terbuka dan bergerigi. Gigitan yang cukup dalam tentu dapat menyebabkan pendarahan. Anda harus menghentikannya.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kain lembut dan menekan pelan luka yang berdarah. Sambil melakukan ini, Anda dapat mempersiapkan diri untuk segera mensterilkan luka.

Baca juga: Waspada Varian Omicron! dr Zaidul Akbar Bagikan Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

Mencuci Area yang Terluka

Dilansir dari Healthline.com, jika kulit Anda tidak rusak, cuci area tersebut dengan air hangat dan sabun. Anda juga dapat mengoleskan antibakteri ke area tersebut sebagai tindakan pencegahan. Namun, jika kulit Anda rusak, maka cuci area tersebut dengan sabun dan air hangat sambil menekan luka dengan lembut untuk membuat pendarahan agar membantu mengeluarkan kuman. Jika gigitannya sudah mengeluarkan pendarahan yang banyak, bersihkan dengan kain bersih dan hentikan pendarahan terlebih dahulu.

Obati Luka dengan Obat Antibakteri

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved