Breaking News:

Bincang Serambi Ramadhan

Kesombongan dan Syubhat, Penyebab Terbesar Rusaknya Hati, Simak Penjelasan Tgk Sirajuddin

Rasulullah saw sangat menekankan pentingnya menjaga hati karena itu merupakan penentu kebaikan dan keburukan seseorang di dunia dan akhirat nanti.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE/SERAMBI ON TV
Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar Deunong Aceh Besar, Dr Tgk Sirajuddin Saman MA menjadi narasumber dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Minggu (17/4/2022), yang dipandu jurnalis Syamsul Azman. 

Kesombongan dan Syubhat, Penyebab Terbesar Rusaknya Hati, Simak Penjelasan Tgk Sirajuddin

SERAMBINEWS.COM - Hati (qalbu) merupakan cerminan setiap orang, dan ia diibaratkan seperti dalang dalam seni pertunjukan wayang. Wayang tersebut akan bergerak mengikuti alur atas kehendaknya dalang.

Maka seperti itulah gambaran hati. Rasulullah saw sangat menekankan pentingnya menjaga hati karena itu merupakan penentu kebaikan dan keburukan seseorang di dunia dan akhirat nanti.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar Deunong Aceh Besar, Dr Tgk Sirajuddin Saman MA mengawali program Bincang Serambi Ramadhan, Minggu (17/4/2022).

Program yang memangkat tema "Penyakit Hati, Sebab dan Solusinya” ini dipandu jurnalis Syamsul Azman, yang disiarkan di Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.com.

Program khusus kerja sama Serambi Indonesia dengan Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh ini hadir setiap hari pukul 16.30 WIB selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Tgk Mustafa Husen Woyla Jelaskan Makna Keihklasan dan Keridhaan dalam Bincang Serambi Ramadhan

Baca juga: Hati-hati dalam Membayar Zakat Fitrah untuk Anak di Rantau, Kenapa? Simak Penjelasan Buya Yahya

Tgk Sirajuddin mengatakan penyebab terbesar rusaknya hati adalah sombong dan memakan harta yang haram atau syubhat.

“Sombong  dapat menghalangi seseorang masuk surga, dalam hadis riwayat Tirmidzi Rasulullah saw bersabda ‘Tidak akan masuk surga orang yang ada dalam hatinya rasa sombong walaupun sebesar dzarrah,’ katanya.

Kalau sudah ada di hatinya terdapat kesombongan dan merasa lebih hebat dari yang lain, ingatlah semua itu akan ditinggalkan saat meninggal kelak.

Memakan harta yang haram adalah penyakit hati yang paling serius setelah kesombongan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved