Breaking News:

Bincang Serambi Ramadhan

Zakat Fitrah Wajib Ditunaikan Setiap Muslim, Begini Hukum Bagi Laki-Laki yang Sudah Baligh

Tgk Muslem mengatakan, apabila seseorang sudah berjumpa diantara dua waktu tersebut, maka dia wajib menunaikan zakat fitrahnya.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE/SERAMBI ON TV
BINCANG SERAMBI RAMADHAN – Pengurus ISAD yang juga Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani MA menjadi narasumber dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Rabu (27/4/2022), yang dipandu presenter Siti Masyithah. 

Zakat Fitrah Wajib Ditunaikan Setiap Muslim, Begini Hukum Bagi Laki-Laki yang Sudah Baligh

SERAMBINEWS.COM - Zakat Fitrah merupakan zakat yang hukumnya wajib dikeluarkan bagi setiap muslim pada akhir bulan Ramadhan dan menjelang shalat idul fitri.

Tak hanya itu, mengeluarkan zakat fitrah juga menjadi perintah agama sebagaimana yang terdapat pada Rukun Islam keempat.

"Sebab wajib zakat fitrah itu, bertemu bulan suci Ramadhan atau menemui dua waktu di antara bulan Ramadhan dan Syawal," kata Tgk Muslem Hamdani MA, Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Aceh dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Rabu (27/4/2022).

Program yang memangkat tema "Sebab, Wajib dan Syarat dan Rukun-Rukun Fitrah” ini dipandu presenter Siti Masyithah, yang disiarkan di Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.com.

Program khusus kerja sama Serambi Indonesia dengan Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh ini hadir setiap hari pukul 16.30 WIB selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Tgk Zulkhairi Ajak Umat Islam untuk Bersemangat Meningkatkan Ibadah di Fase Akhir Ramadhan

Baca juga: Siapa yang Membayar Zakat Fitrah Anak Dirantau atau Sudah Bekerja? Simak Penjelasan Buya Yahya

Tgk Muslem yang juga pengurus ISAD mengatakan, apabila seseorang sudah berjumpa diantara dua waktu tersebut, maka dia wajib menunaikan zakat fitrahnya.

Tujuan mengeluarkan Zakat Fitrah adalah untuk menyempurkan dan melengkapi ibadah puasa Ramadhan-nya.

"Selain itu, zakat fitrah juga berfungsi sebagai penembus semua amalan yang kita laksanakan selama bulan suci Ramadhan," kata Tgk Muslem.

Hal itu, kata dia, sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadis Rasulullah .

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved