Breaking News:

Salam

Jangan Terbujuk Calo!

Seorang pegawai negeri sipil (PNS) kantor kecamatan di Lhokseumawe (AF, 54 thn) berhasil menipu puluhan orang dengan total kerugian

Editor: bakri

Seorang pegawai negeri sipil (PNS) kantor kecamatan di Lhokseumawe (AF, 54 thn) berhasil menipu puluhan orang dengan total kerugian korban mencapai milyaran rupiah.

AF yang sudah ditangkap dan menjadi tersangka penipu itu menjanjikan korbannya menjadi pegawai negeri sipil dan aparatur sipil negara (ASN) dengan meminta biaya pengurusan.

Sejak 8 Juni 2022 hingga 15 Juli 2022, polisi di Lhokseumawe menerima 22 laporan korban penipuan AF.

Adapun tempat tinggal para korban tersebar di empat kabupaten/kota yakni Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, dan Aceh Timur.

Dari korban-korban yang sudah melapor, polisi mencatat kerugian yang dialami 22 korban mencapai Rp 2.538.750.000.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, mengungkapkan, tersangka mulai menjalankan aksinya sejak ada penerimaan CPNS dari formasi K2 (kategori 2) dan PPPK pada tahun 2019 hingga Juni 2022 lalu.

Sejak saat itu tersangka mulai mencari korban.

Tersangka meyakinkan korbannya bisa lulus menjadi PNS atau PPPK dengan syarat harus menyerahkan uang pengurusan kepada tersangka.

Selain uang, korban juga diminta AF untuk melengkapi persyaratan administrasi seperti ijazah, KTP, KK (Kartu Keluarga), akte kelahiran, surat bebas narkoba, kartu kuning, dan SKCK.

Namun, kata polisi, ternyata tersangka tak pernah mengurus dan uang yang diambilnya dari korban digunakan untuk keperluan pribadi tersangka.

Baca juga: Polisi Bongkar Calo CPNS Rp 2,5 Miliar, Pelaku ASN Kantor Camat

Baca juga: Diduga Jadi Calo CPNS, PNS Lhokseumawe Ini Diamankan Polisi, Peras Korban hingga Rp 2,5 M Sejak 2019

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved