Breaking News:

Kupi Beungoh

Transportasi Publik Berkeadilan yang Ramah Disabilitas

Karena itu, meskipun telah ada UU dan Peraturan Menteri sebagai landasan hukum pemenuhan hak-hak disabilitas dalam transportasi, namun Pemerintah Aceh

Transportasi Publik Berkeadilan yang Ramah Disabilitas
FOR SERAMBINEWS.COM
Kharil Miswar adalah penulis buku “Demokrasi Kurang Ajar".

Oleh: Khairil Miswar *)

Bireuen, 19 September 2022

PRAMOEDYA Ananta Toer dalam novelnya Bumi Manusia (1975) menitip pesan bahwa kita harus adil sejak dalam pikiran. Kalimat ringkas yang telah menjadi semacam adagium ini seolah mencoba memantik kesadaran kita semua bahwa sebelum keadilan itu dipraktikkan dalam realitas sosial, ia mesti terlebih dulu dipahami secara memadai dalam satu konsep yang utuh.

Dengan kata lain, keadilan yang nantinya diimplementasikan dalam realitas adalah manifestasi dari gerakan kesadaran, baik personal maupun kolektif; bukan sekadar utopia yang absurd.

Secara leksikal keadilan itu sendiri kerap dimaknai sebagai “sama berat” yang berkonotasi pada kesetaraan. Artinya, keadilan adalah kesamaan yang bermuara pada satu keadaan yang disebut harmoni atau keselarasan.

Dalam realitas sosial, politik dan hukum, keadilan ini diwujudkan dalam perlakuan yang sama kepada semua anak bangsa tanpa memandang agama, suku dan ras. Dalam konteks ini, negara yang dibangun atas dasar kesadaran kolektif kebangsaan memiliki tanggung jawab untuk memastikan keadilan itu tegak dalam segala lini kehidupan.

Salah satu lini kehidupan yang terkadang masih luput dari terma keadilan ini adalah transportasi. Artinya, transportasi kita, khususnya di Aceh belum sepenuhnya mampu bersikap adil kepada setiap kalangan, khususnya para penyandang disabilitas – yang notabene juga memiliki hak yang sama di ruang publik, termasuk layanan transportasi yang ramah dan sesuai kondisi mereka.

Baca juga: Agama dan Perdukunan

Baca juga: ‘Mongolianisme’ dan Punahnya Peradaban

Baca juga: Pemuda 'Mabuk'

Baca juga: Pemuda Aceh, Dulu dan Kini

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved