Breaking News:

Jurnalisme Warga

Menimba Ilmu di Seminar Sekolah Parlemen Mahasiswa USK

Politik tidak hanya sekadar membahas tentang kekuasaan, tetapi banyak hal yang harus diperankan di sini, mulai dari pemikiran yang akademis atau logis

Editor: bakri
Menimba Ilmu di Seminar Sekolah Parlemen Mahasiswa USK
FOR SERAMBINEWS.COM
SHINTA ZAHRA, Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Banda Aceh dan Anggota FAMe, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH SHINTA ZAHRA, Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Banda Aceh dan Anggota FAMe, melaporkan dari Banda Aceh

BERAWAL masuk universitas, saya sebagai mahasiswi sangat tertarik untuk belajar ilmu politik.

Saya kemudian masuk ke lingkup Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UBBG tahun 2021 dan dipercaya sebagai sekretaris umum saat saya masih semester IV.

Bermula dari sinilah saya belajar banyak hal.

Bagi saya, politik tidak hanya sekadar membahas tentang kekuasaan, tetapi banyak hal yang harus diperankan di sini, mulai dari pemikiran yang akademis atau logis hingga muncul inisiatif-inisiatif yang hebat dan luar biasa, serta mempunyai jiwa pemimpin yang banyak dimensinya, baik itu keagamaan, karakter, maupun aspek sosial.

Pada 27 November 2022, tepatnya di hari Minggu, Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (DPM USK) mengadakan Seminar Nasional Sekolah Parlemen Mahasiswa dengan mengusung tema “Melahirkan Legislator Muda yang Berjiwa Insan Paripurna dan Berkualitas dalam Mengatasi Problematika Masyarakat Aceh untuk Mencapai Indonesia Emas 2045” di Gedung AAC Dayan Dawood.

Tahu adanya acara ini dua hari menjelang hari “H”, saya langsung tertarik untuk ikut.

Maklum, dalam acara ini hadir empat narasumber hebat dari tingkat nasional maupun lokal, yakni Bapak Muhammad Nasir Djamil MSi (Anggota DPR RI 2019-2024), Bapak Dr T Taufiqulhadi (Anggota DPR RI 2014-2019 dan Ketua DPW Partai NasDem Aceh), Bapak Adian Yunus Yusak Napitupulu SH (Anggota DPR RI 2019-2024), dan Bapak Zainal Abidin SH, MSi (Dosen Fakultas Hukum USK).

Seminar ini dipandu Bapak Yarmen Dinamika, wartawan senior Harian Serambi Indonesia.

Banyak sekali peminat seminar ini, sampai-sampai pesertanya tembus seribu orang lebih.

Ini bentuk antusiasme mahasiswa yang ingin tahu tentang ilmu politik, tentunya karena hebatnya kapasitas narasumber yang diundang hadir.

Pembukaan acara diawali dengan tarian ranup lampuan yang diiringi seurune kalee dan rapa-i yang alunan musiknya sangat menyentuh hati.

Baca juga: Hadapi Pemilu 2024,Prodi Ilmu Politik FISIP USK & Panwaslih Sabang Bentuk Relawan Anti Money Politic

Baca juga: Haji Uma Kunjungi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unimal, Ini Kegiatannya

Dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Himne USK.

Setelah itu, kata sambutan dari ketua panitia, yaitu Khairurrijal, Ketua DPM USK, Muhammad Hafidhi, serta mewakili Ketua Ikatan Alumni USK, Dr Muzakkar A Gani Msi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved