Breaking News:

KPK Tangkap Ayah Merin

Ayah Merin Ditangkap KPK, GeRAK Aceh Sebut Jadi Pintu Masuk Ungkap Aktor Lainnya

Penangkapan itu, sebut Askhalani, sekaligus menjadi pintu masuk untuk membongkar mega gurita korupsi di tubuh BPKS Aceh.

Penulis: Indra Wijaya | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani, SHI. 

Laporan Indra Wijaya | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menangkap Izil Azhar atau akrab disapa Ayah Merin, Selasa (24/1/2022) siang.

Penangkapan terhadap Ayah Merin itu dilakukan oleh Tim Jatanras Polda Aceh di kawasan Simpang Lima, Banda Aceh sekitar pukul 12.00 WIB.

Penangkapan Ayah Merin itu dibenarkan oleh Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Ia menjelaskan, Ayah Merin sendiri sudah menjadi DPO sejak 30 November 2018, sebelum kemudian buronan tersebut ditemukan dan diamankan di sekitar Banda Aceh, Selasa kemarin. 

Sebelumnya, koordinasi antara tim KPK dan Polda Aceh sudah dilakukan sejak Desember 2022 untuk menangkap buronan kasus dugaan korupsi penerimaan gratifikasi itu. 

KPK mengapresiasi jajaran Polda Aceh yang telah membantu KPK dalam pencarian dan penangkapan DPO KPK tersebut. 

Baca juga: Lama Jadi Buronan KPK, Ayah Merin Ditangkap Polda Aceh di Simpang Lima, Begini Perjalanan Kasusnya

"Berikutnya, DPO segera akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut," pungkas Ali Fikri. 

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Gerakan Anti Korupsi ( GeRAK) Aceh, Askhalani mengatakan, penangkapan terhadap DPO kasus korupsi atas nama Izil Azhar alias Ayah Merin oleh KPK adalah sebuah langkah maju bagi lembaga antirasuah itu.

Pasalnya, lanjut dia, sebelumnya Ayah Merin telah masuk menjadi DPO sejak tahun November 2018.

Penangkapan itu, sebut Askhalani, sekaligus menjadi pintu masuk untuk membongkar mega gurita korupsi di tubuh BPKS Aceh.

Sebab, urai Askhal, sudah cukup banyak para pihak lain yang menjalani pesakitan dan pidana kurungan, sehingga penangkapan Izil Azhar oleh KPK patut diapresiasikan.

"Dan ini menjadi modal penting bagi KPK untuk membongkar keterlibatan aktor lainnya yang diduga menerima aliran uang dari proses pembangunan fasilitas negara yang dikelola oleh BPKS," kata Askhal, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: VIDEO Lokasi Ayah Merin Tertangkap KPK dan akan Dibawa ke Jakarta

Ia mengatakan, sebelumnya, dalam persidangan terhadap terpidana atas nama R yang merupakan mantan kepala BPKS pada tahun 2007, dan juga mantan bupati Bener Meriah itu, diketahui berdasarkan keterangan para pihak yang diperiksa oleh KPK dan keterangan fakta persidangan menjelaskan bahwa adanya aliran uang lain yang mengalir selain kepada Izil Azhar.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved