Sidang Sengketa Pemilu 2019

BREAKING NEWS - MK Kabulkan Sebagian Gugatan PNA 

Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja membacakan putusannya terkait sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019 yang diajukan PNA.

BREAKING NEWS - MK Kabulkan Sebagian Gugatan PNA 
ANTARA FOTO/ HAFIDZ MUBARAK VIA KOMPAS.COM
Suasana sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/6/2019). Sidang tersebut beragendakan pembacaan putusan oleh majelis hakim MK. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja membacakan putusannya terkait sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019 yang diajukan Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Dalam putusannya, hakim MK mengabulkan sebagian gugatan PNA yang memperkarakan hasil perolehan suara di daerah pemilihan (dapil) 6, Aceh Timur, untuk pemilihan DPRA.

Di dalam putusan Nomor 185-18-01/PHPU.DPR-DPRD/XVII/ 2019 MK menyatakan permohonan Pemohon dikabulkan untuk sebahagian.

“Menyatakan batal keputusan KPU RI sepanjang suara PNA di Kecamatan Peureulak Timur dan memerintahkan penghitungan surat suara ulang di tingkat Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten Aceh Timur,” baca ketua MK Anwar Usman, Kamis (8/8/2019).

Baca: Ini Rekap Putusan Mahkamah Konstitusi dalam PHPU Aceh 2019

Baca: Menyusul Putusan MK, PDI Perjuangan Amankan Posisi Ketua DPRK Aceh Tengah

Baca: Menyusul Putusan MK, KIP Aceh belum Bisa Tetapkan Perolehan Kursi DPRA

Baca: MK Perintahkan Perhitungan Surat Suara Ulang di Peureulak Timur

Selanjutnya, MK memerintahkan Bawaslu, Panwaslih dan pihak kepolisian untuk mengawal jalannya penghitungan surat suara di tingkat Kecamatan Peureulak Timur.

Atas Putusan tersebut Kuasa Hukum PNA, Muhammad Reza Maulana SH mengapresiasi putusan MK yang telah dengan cukup adil dan bijaksana menerbitkan putusan tersebut.

“Proses selanjutnya dan sebagaimana perintah mahkamah, akan terus kami kawal agar suara PNA tidak lagi di ubah-ubah berdasarkan hasil yang sebenarnya,” ujarnya. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved