Aceh Hebat

KMP Aceh Hebat Bakal Melayari Tiga Pulau di Aceh

Selama ini kata Anita, aktivitas pembangunan kapal di berbagai galangan cenderung sepi. Hal itu menyebabkan banyaknya sumber daya manusia yang biasa b

KMP Aceh Hebat Bakal Melayari Tiga Pulau di Aceh
SERAMBINEWS.COM/Humas Pemerintah Aceh
Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT., meninjau dan melakukan peletakan lunas kapal ro-ro yang dipesan pemerintah Aceh untuk melayani rute penyeberangan Balohan Sabang - Ule Lheu, Kuala Bubon - Simeulue dan Singkil Pulau Banyak, di Galangan Kapal PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia, di Bangkalan Madura Jawa Timur, Senin 21/10. Pemerintah sedikitnya memesan tiga kapal yang diberi nama Aceh Hebat I, Aceh Hebat II serta Aceh hebat III dan direncanakan pengerjaannya bakal selesai akhir tahun 2020 mendatang. 

SERAMBINEWS.COM, BANGKALAN - Tiga unit Kapal Motor Penumpang (KMP) 'Aceh Hebat' bakal segera melayar di laut Aceh.

Rencananya, kapal penumpang yang dipesan pemerintah Aceh dari tiga pelaksana pembangunan kapal ferry itu akan melayar di akhir tahun depan.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengatakan semua proses administrasi untuk pembangunan kapal tersebut telah diselesaikan.

Untuk itu dirinya kemudian melakukan peletakan lunas atau keel laying yang merupakan awal dari konstruksi kapal.

"Peletakan Lunas ini menandakan bahwa pembangunan kapal-kapal ini segera diintensifkan," kata Nova di galangan kapal PT Adiluhung Saranasegara Indonesia, di Bangkalan Madura Jawa Timur, Senin (21/10/2019).

Tiga kapal ferry ro-ro yang dipesan Pemerintah Aceh masing-masing berkapasitas 1.300 GT, 1.100 GT dan 600 GT.

Galangan Kapal PT Adiluhung mengerjakan pembuatan Kapal dengan kapasitas 1.100 GT, sedangkan dua lainnya akan dibangun di Tegal dan Tanjung Balai Karimun, sebagaimana hasil tender yang telah difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan Indonesia.

Ketiga kapal itu nantinya akan melayani rute Singkil-Pulau Banyak, Balohan Sabang-Pelabuhan Ulee Lheu dan Lintasan Barat ke Pulau Simeulue.

Plt Gubernur mengatakan, pemerintah Aceh menabalkan ACEH HEBAT sebagai nama dari seluruh kapal itu.

Kapal berkapasitas 1.300 GT dinamai ACEH HEBAT 1, ACEH HEBAT 2 untuk kapal berkapasitas 1.100 GT dan ACEH HEBAT 3 untuk kapal 600 GT.

Halaman
1234
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved