Anak, Menantu, Ipar, dan Besan Jokowi Ikut Pilkada 2020, Pengamat: Oligarki Politik Makin Kuat

Menyikapi fenomena ini, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampouw ‎menganggap oligarki politik sudah makin kuat.

Anak, Menantu, Ipar, dan Besan Jokowi Ikut Pilkada 2020, Pengamat: Oligarki Politik Makin Kuat
TWITTER/@MataNajwa
Begini reaksi Gibran saat sang adik, Kaesang dicap tak sopan oleh netter karena duduk dengan mengangkat kaki di dekat Jokowi 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Majunya empat anggota keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bakal meramaikan Pilkada 2020 banyak diperbincangkan.

Ternyata tidak hanya putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang maju di pemilihan Wali Kota Solo 2020 serta menantu Jokowi, Bobby Nasution yang maju di pemilihan Wali Kota Medan, Sumatera‎ Utara.

Teranyar, ada keluarga besan Jokowi yang sud‎ah menyatakan niat maju dalam pemilihan kepala daerah.

Mereka yakni adik ipar Jokowi, Wahyu Purwanto ‎yang tertarik maju di pemilihan Bupati Gunung Kidul.

Hingga keluarga dari besan Jokowi, paman dari Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar yang niat maju di pemilihan Bupati Tapanuli Selatan.

Menyikapi fenomena ini, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampouw ‎menganggap oligarki politik sudah makin kuat.

"Fenomena keluarga dekat Joko Widodo yang ramai-ramai mencalonkan diri saya kira merupakan bagian dari oligarki politik yang makin marak dan kuat akhir-akhir ini," tuturnya saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (16/1/2020).

Perdagangan Manusia kembali Menimpa Warga Aceh, Nasir Djamil Minta Polisi Usut Tuntas

Virus Baru Ditemukan di China, Telah Makan Korban dan Dikhawatirkan Menyebar ke Negara Lain

Cerita Driver Ojek Online Diajak Hubungan Intim Oleh Customer, Isi Chat Bikin Driver Ngelus Dada

Jerry menganggap hal ini sengaja dilakukan dengan memanfaatkan kedudukan Joko Widodo sebagai Presiden, orang nomor satu di republik ini.

"Tentu kita tak menuduh bahwa nanti akan memanfaatkan kedudukan Joko Widodo sebagai Presiden saat ini. Tentunya popularitas Joko Widodo saat ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap popularitas dan elektabilitas mereka ketika maju dalam Pilkada nanti," ungkapnya.

Begitu juga, posisi Joko Widodo sebagai Presiden, diungkap Jerry akan memudahkan keluarganya yang maju Pilkada untuk mendapat dukungan parpol hingga mendapatkan kemudahan dalam melakukan konsolidasi di masyarakat.

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved