Breaking News:

Kupi Beungoh

Kunjungan Ramadhan ke AD Pirous: Pemula dan Pendiri Kaligrafi Kontemporer Nasional (VII)

Majalah Tempo, edisi 28 Juli 2014 menyebut Pirous sebagai “imam kaligrafi Indonesia”, sebuah gelar yang jarang dan  tidak gampang didapat.

SERAMBINEWS.COM/Handover
Sosiolog Aceh, Ahmad Humam Hamid, berkunjung ke galery lukisan seniman Indonesia kelahiran Meulaboh Aceh Barat, Abdul Djalil Pirous (AD Pirous), di kawasan Dago Pakar, Bandung, April 2021. 

Ahmad Humam Hamid*)

KATA Begawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai tiga arti, pertapa, orang mulia, dan seseorang sebagai peletak dasar dalam bidang tertentu.

Tidak heran kalau kemudian almarhum Professor Sumitro Joyohadikusumo digelar sebagai begawan ekonomi Indonesia.

Karena ia arsitek ulung ekonomi pemerintah Orde Baru yang memberikan peta jalan Indonesia keluar dari krisis ekonomi yang amat parah pada masa Orde Lama.

Sumitro juga dikenal sebagai peletak dasar ekonomi Orde Baru yang kemudian diteruskan oleh murid-muridnya Wijoyo, Emil Salim, Ali Wardhana, dan lain-lain.

Dengan melihat kepada kepada jagat senirupa Indonesia, terutama sekali yang berkaitan dengan kaligrafi, layakkah AD Pirous mendapat status sebagai begawan budaya Nusantara?

Memang harus diakui, sekalipun seni menulis indah-khat, ayat ayat Alquran di Indonesia telah berjalan relatif lama, namun banyak pihak megakui adalah AD Pirous yang menjadi pionir kaligrafi kontemporer Indonesia.

Majalah Tempo, edisi 28 Juli 2014 menyebut Pirous sebagai “imam kaligrafi Indonesia”, sebuah gelar yang jarang dan  tidak gampang didapat dari majalah bergengsi itu.

Gelar itu sebenarnya tidak lain dari sebuah kesimpulan tentang kepeloporan dan keberlanjutan kiprah Pirous dala seni rupa kaligrafi nasional.

Kita tahu, apapun yang terjadi dengan pemberitaan Tempo, terutama yang menyangkut dengan isu-isu budaya, tak akan pernah terlepas dari doktrin dari budayawan, sastrawan, dan wartawan mumpuni, Gunawan Mohammad.

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved