Breaking News:

16 Tahun Damai Aceh

16 Tahun Damai Aceh, Muhammad MTA: Permusuhan Lenyap di Alam Nyata, Tapi Ada dalam Pikiran

"Mulai dari elit sampai jajaran “seureudeng” saling menghujat dan bahkan bunuh membunuh sesama mereka bukan pada persoalan perjuangan, tapi hanya keku

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Zaenal
FOR SERAMBINEWS.COM
Jubir Pemerintah Aceh, Muhammad MTA menyatakan, Pemerintah Aceh tidak akan hadir dalam rapat paripurna Raqan Pilkada di Gedung DPRA, Senin (5/7/2021). 

SERAMBINEWS.COM - Pada hari ini, Minggu (15/8/2021), masyarakat di bumi Serambi Mekkah memperingati 16 tahun Hari Perdamaian Aceh.

Merupakan momen bersejarah, tanggal 15 Agustus akan selalu dikenang dan diperingati khususnya oleh masyarakat Aceh.

Pada tanggal tersebut, sebuah peristiwa besar dan penting terjadi yang melibatkan Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Tepatnya pada 15 Agustus 2005 silam, antara kedua belah pihak tersebut sepakat menyelesaikan konflik yang berkecamuk puluhan tahun secara damai lewat nota kesepahaman yang ditandatangi di Helsinki.

Penandatangan kesepahaman yang kemudian dikenal dengan Kesepakatan Helsinki itu telah memberi napas baru bagi masyarakat Aceh, yang ketika itu juga tengah berduka karena baru saja dilanda bencana alam besar Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 yang menewaskan ribuan orang.

Tanah Aceh menjadi damai, rakyatnya tak lagi dihantui oleh bunyi senjata yang bertiup hingga menumpahkan darah ribuan warga sipil di segala sisi sejak adanya kesepakatan itu.

Kini, 16 tahun sudah kedamaian berlangsung di Aceh.

Baca juga: Peringatan 16 Tahun Damai Aceh, Ini Pesan Gubernur Aceh

Baca juga: Peringati 16 Tahun Hari Damai Aceh, BRA Kembali Beri Sertifikat Lahan untuk Eks Kombatan

Selama 16 tahun itu pula, masyarakat Aceh khususnya selalu memperingati hari penandatangan Kesepakatan Helsingki ini sebagai Hari Perdamaian Aceh.

Muhammad MTA, seorang aktivis pada masa konflik Aceh yang kini menjabat sebagai Juru Bicara Pemerintah Aceh juga termasuk salah seorang yang tak pernah lupa dengan momen bersejarah tersebut.

Lewat akun Facebooknya, Minggu (15/8/2021), MTA, sapaan akrabnya, telah menuliskan sebuah ungkapannya untuk peringatan 16 tahun Hari Perdamaian Aceh.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved