Breaking News:

Kupi Beungoh

ISLAM;  Menjaga Harmonisnya Kehidupan

HARMONISNYA KEHIDUPAN, ketika sendi-sendi kehidupan berjalan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Editor: Amirullah
ist
Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag adalah Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh. 

Oleh: Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag*)

HARMONISNYA KEHIDUPAN, ketika sendi-sendi kehidupan berjalan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sendi  merupakan tempat dua tulang bertemu (penghubung antar tulang).

Sendi berfungsi untuk  membantu tubuh agar dapat bergerak dengan harmonis, dengan adanya sendi, setiap anggota tubuh dapat bergerak dengan mudah melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya masing-masing.

Sebagai contoh,  sendi pada lutut,  untuk mempermudah seseorang itu berjalan.  Sendi pada jari-jari untuk  mempermudah seseorang memegang sesuatu, menyuapkan makanan, melakukan  berbagai  pekerjaan tangan.

Tanpa sendi,  semua anggota tubuh lurus, tegang, tidak dapat bergerak, tidak dapat difungsikan dengan baik dan sempurna.  Begitu juga dengan kehidupan,  ketika salah satu sendinya bermasalah,  dapat membuat masalah terhadap seluruh kehidupan seorang muslim itu sendiri,  maupun muslim lainnya.

Baca juga: ISTRI Itu RATU Atau  PEMBANTU; Tergantung Kwalitas Iman, Ilmu Dan Akhlak Suami

ISLAM  adalah agama dengan  sistem yang sangat lengkap,  semua sistem tersebut  merupakan satu kesatuan yang terdiri dari berbagai komponen,  yang tidak dapat dipisahkan,  dan tidak boleh dipisahkan.

Sistem berasal dari bahasa Latin dan bahasa Yunani yaitu suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan. (Wikipedia)

Islam menjaga harmonisnya kehidupan,  dengan cara menjaga sendi-sendi kehidupan. Hal ini sesuai dengan kandungan  ayat-ayat Al- Qur'an dan Hadits yang menyebutkan bahwa Islam datang untuk  Menjaga Sendi Sendi Kehidupan yaitu: MENJAGA AGAMA, MENJAGA KETURUNAN, MENJAGA JIWA, MENJAGA  AKAL, MENJAGA HARTA.

Kelima hal tersebut merupakan sendi sendi kehidupan,  jika tidak terjaga dengan baik, kehidupan  ber-Islam tidak akan harmonis, tidak akan nampak Indah, tidak akan nampak bahwa Islam itu sebagai rahmat bagi sekalian alam, melainkan sebaliknya, nampak yang  buruk-buruknya seperti Islam itu jorok,  miskin, suka kawin banyak, jahat atau lainnya, padahal ini hanya kesalahan sebagian umat Islam, namun yang nampak buruk, adalah Islamnya secara keseluruhan.

Baca juga: ORIENTASI; Pendidikan Seperti Ini Yang Harus Di Peroleh Anak-Anak Muslim

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved