Breaking News:

Kupi Beungoh

ISTRI Itu RATU Atau  PEMBANTU; Tergantung Kwalitas Iman, Ilmu Dan Akhlak Suami

Padahal sesungguhnya PENAMPILAN ISTRI MENUNJUKKAN WIBAWA, KEDUDUKAN, DAN MARTABAT SUAMI.

Editor: Amirullah
ist
Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag adalah Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh 

Oleh: Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag*)

Jumhur ulama seluruhya sepakat bahwa akad nikah yang dilakukan oleh wali dan calon  suami adalah akad  kehalalan persetubuhan, juga merupakan akad yang mewajibkan suami untuk menanggung beban kehidupan istri dan anak-anaknya nanti.

Seorang anak perempuan ketika belum  menikah  kewajiban orang tuanya   memberikan  nafkah, memberi perhatian,  dan kasih sayang, sepenuhnya di tanggung oleh orang tuanya.

Sesudah menikah, kewajiban  menafkahi, memberi perhatian, menjaga, melindungi, menyayangi, menghormati, memuliakan, mencukupi segala kebutuhan anak perempuan tersebut berpindah sepenuhnya kepada suaminya, sesuai kemampuan suami.

Kewajiban suami memberi nafkah kepada istri dan anak-anaknya,  sebagaimana janji, sumpah yang diucapkan dengan nama Allah  dihadapan orang banyak,  pada sa'at  akad nikah.

Tentu ini ada konsekuensi, jika tidak dilaksanakan,  jika tidak ditunaikan, ada hisab yang tidak akan bisa di elak, nanti di hari akhirat. Selain konsekuensi di dunia tidak mendapati RUMAH NYA,  umpama SYURGA DUNIA buat diri dan keluarganya.  Melainkan seperti NERAKA.

Kalaupun merasa bahagia,  karena pekerjaan,  karena kawan,  karena hobi, atau lainnya, itu hanya sementara. Kawan, pekerjaan,  hobi tidak akan mengikuti,  tidak akan menemani,  ketika sakit, ketika susah  atau dalam keadaan kesulitan,  kecuali keluarga, istri dan anak-anak.

Seperti yang disebutkan Dalam surat An Nisa ayat 34, Allah SWT berfirman,

 "Kaum laki-laki itu pemimpin wanita. Karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan harta mereka.

NAFKAH SUAMI kepada ISTRI dalam hal ini dapat diartikan :

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved