Breaking News:

Opini

Halo Aceh, Apa Kabar?

DPR RI telah mensahkan 40 Judul Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas Tahun 2022

Editor: bakri
Halo Aceh, Apa Kabar?
FOR SERAMBINEWS.COM
Erlanda Juliansyah Putra SH., MH, Berprofesi sebagai Pengacara

Oleh Erlanda Juliansyah Putra SH., MH, Berprofesi sebagai Pengacara

DPR RI telah mensahkan 40 Judul Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas Tahun 2022.

Ironinya UU Pemerintah Aceh tidak masuk didalamnya.

Ada 13 Anggota DPR RI dan 4 Anggota DPD yang mewakili masyarakat Aceh saat ini di senayan, sampai dengan sekarang belum ada satu pun anggota yang menyuarakan apakah UU No.11/2006 itu harus masuk ke prolegnas atau tidak.

Hal yang mendasar dari keterdesakan mendorong UU Pemerintah Aceh (UUPA) masuk ke Prolegnas tidak lain karena undang-undang ini masih memiliki kelemahan yang harus diperkuat, terutama terkait dengan implementasi MoU Helsinki yang belum terealisasi dan masih menjadi perdebatan yang panjang.

Setiap bulan Agustus dan Desember tiap tahunnya, persoalan bendera Aceh sampai dengan sekarang belum juga terselesaikan dan terkesan tidak ujug untuk diselesaikan.

Padahal, Aceh melalui otonomi khusus bisa memiliki bendera sendiri meskipun terkait dengan persoalan bentuk dan lambang bendera tersebut masih menjadi perdebatan oleh pemerintah pusat namun sampai sekarang sepertinya tidak kunjung mendapatkan titik temu dan selalu berada dalam posisi colling down.

Tidak sekali persoalan kekhususan Aceh mental saat harus dikonsultasikan dengan pemerintah pusat.

Pelaksanaan Pilkada yang seharusnya dilaksanakan berkala 5 tahun sekali juga harus keok dengan Peraturan KPU yang kedudukannya secara hirarki perundang-undangan lebih rendah tingkatannya daripada Undang-Undang Pemerintah Aceh.

Bahkan setelah dikonsultasikan dengan Kemendagri terkait dengan pelaksanaan Pilkada tahun 2022 sebagaimana yang diamanahkan dalam UUPA untuk dilaksanakan berkala 5 tahun sekali, para stakeholder Aceh pun seakan mundur teratur dan pasrah untuk mengikuti tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan tahun 2024 secara serentak di seluruh indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved