Breaking News:

Salam

Masalah Toa Meriah Lagi

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 yang membatasi penggunaan pengeras suara di masjid

Editor: bakri
TRIBUNNEWS/HUMAS KEMENAG RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. 

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 yang membatasi penggunaan pengeras suara di masjid dan musalla saat tadarus dan takbiran.

“Pedoman ini diterbitkan sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat," kata Menag.

Hanya beberapa jam setelah edaran itu terpublikasi, berbagai tanggapan pun muncul dari kalangan politisi Islam, cendikiawan muslim, serta para ulama yang sebagian setuju tapi banyak juga yang menilai edaran Menag itu aneh.

SE Menag tersebut antara lain menegaskan, “Takbir pada tanggal 1 Syawal/10 Zulhijah di masjid/musalla dapat dilakukan dengan menggunakan pengeras suara luar sampai pukul 22.00 waktu setempat dan dapat dilanjutkan dengan pengeras suara dalam.

" Penggunaan pengeras dalam dan luar juga diatur dalam ibadah bulan Ramadhan dan shalat Id.

"Penggunaan pengeras suara di bulan Ramadhan baik dalam pelaksanaan shalat Tarawih, ceramah/kajian Ramadhan, dan tadarus Alquran menggunakan pengeras suara dalam, pelaksanaan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha dapat dilakukan dengan menggunakan pengeras suara luar," kata Menag.

SE Menag itu juga mengatur agar dalam upacara Peringatan Hari Besar Islam atau pengajian dapat menggunakan pengeras suara bagian dalam.

Pengecualian berlaku jika jamaah membludak hingga luar lokasi acara.

"Apabila pengunjung tablig melimpah ke luar arena masjid/musalla dapat menggunakan pengeras suara luar.

Baca juga: Pedoman Terbaru Tentang Cara Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala, Begini Isinya

Baca juga: Tadarus Pakai Speaker dalam Masjid, Menag Atur Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushalla

" Politisi PKS, Bukhori Yusuf menilai, pedoman itu mengabaikan dinamika kondisi sosiologis dan kultural masyarakat setempat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved