Breaking News:

Salam

Juallah Takjil Sehat, Jangan Meracuni

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh menemukan cincau yang diduga mengandung boraks di Kawasan Pasar Lambaro

Editor: bakri
SERAMBI/HENDRI
Petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh membeli jajanan berbuka puasa (takjil) Ramadhan untuk dilakukan pengujian laboratorium di Lambaro, Aceh Besar, Kamis (7/4/2022). 

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh menemukan cincau yang diduga mengandung boraks di Kawasan Pasar Lambaro, Aceh Besar, Kamis (7/4/2022).

Boraks merupakan senyawa dengan nama kimia natrium tetraborat yang berbentuk kristal lunak, Bila dilarutkan dalam air boraks akan terurai menjadi natrium hidroksida dan asam borat.

Zat kimia ini seharusnya digunakan untuk bahan bukan makanan.

Antara lain untuk campuran pembuatan gelas, pengawet kayu, salep kulit, boraks gliserin (obat sariawan), dan campuran pupuk tanaman.

Kepala BBPOM Banda Aceh, Yudi Noviandi memantau proses uji lab takjil di Kawasan Pasar Lambaro, Aceh Besar, Kamis (7/4/2022).
Kepala BBPOM Banda Aceh, Yudi Noviandi memantau proses uji lab takjil di Kawasan Pasar Lambaro, Aceh Besar, Kamis (7/4/2022). (SERAMBINEWS.COM/ MAWADDATUL HUSNA)

Namun, banyak produsen makanan yang nakal.

Mereka menggunakan boraks dalam makanan antara lain sebagai pengenyal pada pangan seperti bakso, mie, kerupuk, dan empek empek.

Padahal, penggunaan boraks dalam makanan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Di antaranya dapat menyebabkan gangguan susunan saraf pusat, gangguan fungsi ginjal, dan gangguan fungsi hati.

Kepala BBPOM Banda Aceh, Yudi Noviandi, mengatakan cincau yang diduga mengandung boraks tersebut diperoleh dalam kegiatan Intensifikasi Pengawasan Pangan Jajanan Ramadhan yang dilaksanakan BBPOM bersama sejumlah instansi terkait di Aceh Besar.

Baca juga: Cincau di Lambaro Diduga Mengandung Boraks, Apa Itu? Ternyata Ini Bahaya Boraks untuk Kesehatan

Baca juga: BBPOM Aceh Razia Produk Kedaluarsa dan Rusak di Toko dan Mal di Kota Banda Aceh

“Di Pasar Lambaro ini kita menguji 27 sample berupa produk mi, bakso, cendol, dan terakhir cincau.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved