Breaking News:

Berita Pemilu

KIP Aceh Selatan Verifikasi Administrasi Parpol

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan saat ini sedang melakukan verifikasi adminitrasi terhadap partai politik (parpol)

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan di Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan 

TAPAKTUAN - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan saat ini sedang melakukan verifikasi adminitrasi terhadap partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 yang mempunyai kepengurusan di Aceh Selatan.

Parpol calon peserta Pemilu yang lolos pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) tercatat sebanyak 24 parpol.

Dari 24 parpol tersebut, hanya ada 23 parpol yang memiliki kepengurusan di Aceh Selatan.

Sedangkan untuk parpol lokal yang sudah lolos pendaftaran di KIP Aceh sebanyak 6 parlok.

Namun yang memiliki kepengurusan di Aceh Selatan hanya ada 5 parlok.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Selatan, Yusrizal ST MT kepada Serambi, Sabtu (20/8/2022) mengatakan, untuk saat ini pihaknya sedang memverifikasi adminitrasi keseluruhan anggota parpol yang terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Dari 23 partai nasional yang sudah terdaftar memiliki kepengurusan, hanya 14 partai politik yang sudah menyerahkan LO atau penghubung ke kantor KIP Aceh Selatan," ungkap Yusrizal.

Ia berharap parpol yang ada kepengurusan partai di Aceh Selatan untuk segera menindaklanjuti hasil verivikasi administrasi terkait usia, pekerjaan, potensi ganda dan kegandaan eksternal sampai batas waktu tanggal 26 Agustus 2022.

Jika parpol tidak menindaklanjuti hasil verifikasi administrasi dimaksud, tambah Yusrizal, maka keanggotaan parpol tersebut dapat dinyatakan tidak memenuhi syarat keanggotaan parpol di Kabupaten Aceh Selatan.

Baca juga: KIP Aceh Selatan Ajak Masyarakat Untuk Cek NIK, Bila Merasa Bukan Anggota Parpol Bisa Melapor

Baca juga: KIP Aceh Selatan Gelar Rapat Koordinasi dengan Forkopimda Terkait Kesiapan Pelaksanaan Pemilu

"Oleh karenanya, kami berharap kepada sembilan partai politik yang belum menyerahkan LO/penghubung untuk segera menyerahkan supaya dapat mempermudah pemberian informasi kepada partai politik yang bersangkutan," pungkasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved