Breaking News:

Kupi Beungoh

Harapan Pada Sang Penjaga Rahasia

Bustami Hamzah merupakan pejabat karier yang telah banyak menghabiskan masa tugas di lingkungan Pemerintah Aceh

Editor: Muhammad Hadi
Kolase Serambinews.com
J Kamal Farza adalah Pengacara dan pegiat Hak Asasi, Tinggal di Jakarta. Kontak farza@imflawfirm.com 

Oleh J Kamal Farza *)

Bustami Hamzah resmi mengantongi Surat Keputusan Presiden Nomor 104/TPA Tahun 2022 tanggal 29 Agustus 2022, dan sudah pula dilantik oleh Pj Gubernur Achmad Marzuki Kamis (8/9/2022) pekan lalu.

Dalam arahannya usai pelantikan, mantan Pangdam Iskandar Muda itu mengatakan, penunjukkan Bustami Hamzah disebut telah melalui prosedur perundang-undangan.

Bustami Hamzah merupakan pejabat karier yang telah banyak menghabiskan masa tugas di lingkungan Pemerintah Aceh, sehingga diharapkan memahami ruang lingkup kerja yang harus ditangani.

“Saya minta agar semua tugas tersebut dijalankan dengan sebaik-baiknya dan senantiasa aktif membangun komunikasi dengan berbagai stakeholder,” kata Achmad Marzuki, sebagaimana dikutip media ini.

Posisi Sekda, lanjut Achmad Marzuki, merupakan jabatan sangat strategis dalam Pemerintahan.

Baca juga: Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Pj Gubernur Aceh

Seorang Sekda disebut harus berperan membantu Kepala Daerah menyusun program kerja dan mengkoordinasikannya dengan semua satuan kerja, menjalankan fungsi pengawasan terhadap kebijakan, pembinaan administrasi, dan pembinaan aparatur.

Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit dalam pidatonya, Achmad Marzuki menegaskan, seorang Sekretaris Daerah harus sadar betul, dia adalah seorang penjaga rahasia.

Sebagaimana makna kata dasarnya, sekretaris itu pertama sekali diperkenalkan di Inggris, berasal dari kata secretary (secret, rahasia) yang berarti penjaga rahasia.

Atau sesuai dengan asal katanya, sekretaris adalah orang yang diberi kepercayaan untuk menyimpan rahasia dalam melaksanakan pekerjaannya, rahasia bos, rahasia pegawai dan juga rahasia perusahaannya.

Baca juga: Profil Bustami, Sekda Aceh yang Dilantik Lengkap dengan Catatan Kariernya Selama Ini

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved