Breaking News:

Kupi Beungoh

Kunjungan Ramadhan ke AD Pirous: Strategi Kebudayaan Ibrahim Hasan (IX - Habis)

Lingkaran seni budaya yang terbentuk secara informal ketika Walad berkuasa kali ini tampak bekerja sangat solid.

Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/Handover
Sosiolog Aceh, Ahmad Humam Hamid, berkunjung ke galery lukisan seniman Indonesia kelahiran Meulaboh Aceh Barat, Abdul Djalil Pirous (AD Pirous), di kawasan Dago Pakar, Bandung, April 2021. 

Oleh: Ahmad Humam Hamid*)

SEPENINGGALAN Muzakir Walad, Aceh yang kemudian dipimpin oleh Majid Ibrahim terus melanjutkan lingkaran seni budaya warisan Walad.

Meskipun umur pemerintahan Majid relatif pendek, ia berhasil mempersiapkan  perhelatan besar nasional islami, MTQ XII di Banda Aceh.

Lingkaran seni budaya yang terbentuk secara informal ketika Walad berkuasa kali ini tampak bekerja sangat solid.

Rancangan acara, rancangan sarana fisik dipersiapkan dengan seksama dan sangat hati-hati.

Intinya adalah bagaimana pagelaran itu ditampilkan yang merefeleksikan aura Islami, Aceh, Indonesia, dan universal.

Ketika sampai pada ide design, Pirous dan Ismail Sofyan dalam ingatan banyak kalangan dianggap sangat menonjol, namun ketika sampai kepada pemberian ikon nama, Ibrahim Hasan, Hasan Basri dan beberapa nama dalam lingkaran itu sangat berjasa.

“Desah Arafah”-nama yang diberikan kepada Blangpadang sebagai tempat penyelengaraan pembukaan dan penutupan acara, dan Anjong Mon Mata- gedung dan kompleks bangunan di belakang Meuligoe Gubernur Aceh.

Sayang sebelum acara pembukaan terjadi, puting beliung besar telah membuat bangunan auditorium “Desah Arafah” yang hampir siap dikerjakan roboh da ambruk berkeping.

Pirous mengakui, kawan-kawannya yang merancang Desah Arafah, terjebak dengan keindahan arsitektur yang sangat dalam, dan kurang memberi perhatian kepada struktur yang mampu bertahan terhadap gejala alam Aceh yang kadang sekali muncul angin besar seperti yang dialami ketika itu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved