Breaking News:

Kupi Beungoh

Dari Bahtsul Masail Mahad Aly Menyaksikan Perkembangan Menakjubkan Dayah Darul Munawarah Kuta Krueng

Bahsul Masail ini menghasilkan kesepakatan atas standar kurikulum Ma'had Aly Takhassus Tafsir wa 'Ulumuhu. Satu hal yang sangat berharga tentunya.

Editor: Agus Ramadhan
FOR SERAMBINEWS.COM
Dari Bahtsul Masail Mahad Aly Menyaksikan Perkembangan Menakjubkan Dayah Darul Munawarah Kuta Krueng 

Oleh Dr. Teuku Zulkhairi

SERAMBINEWS.COM - Alhamdulillah Bahsul Masail di Dayah Darul Munawwarah telah usai dilaksanakan. Ucapan terimakasih kami peserta kepada seluruh panitia penyelenggara.

Bahsul Masail ini menghasilkan kesepakatan atas standar kurikulum Ma'had Aly Takhassus Tafsir wa 'Ulumuhu. Satu hal yang sangat berharga tentunya.

Di sela-sela acara, dibawah koordinasi Tgk Mujlis alhamdulillah Abiya Anwar mengajak semua peserta untuk keliling kompleks Dayah Darul Munawwarah dan Ma'had Aly.

Dan ini merupakan pertama kalinya saya memasuki banyak sisi komplek Dayah ini walaupun sudah sering kesini. Bahkan juga kami turut diajak memasuki komplek Santriwati.

Kiri kanan kita menyaksikan asrama santriwati yang sangat bersih. Semua tertata rapi. Bahkan di kompleks Santriwati ini juga tersedia tempat duduk yang sangat santai bagi para orang tua yang berkunjung.

Selian kebersihan, di Dayah ini kita akan juga berkesan dengan wajah ramah para santri. Kalau kita masuk ke "mesjid" komplek Dayah ini untuk shalat dan tanpa sajadah, dalam sekejap akan datang seorang santri membawa sajadahnya untuk kita pakai.

Kantin-kantin di dalam juga lumayan lengkap. Ragam makanan tersedia. Kopi apapun yang anda suka juga tersedia di kantin Darul Munawwarah.

Di samping kantin kita juga akan menemukan Bank BSM. Tapi ini bukan Bank Syar'iah Mandiri ya, melainkan Bank Santri Munawwarah yang disingkat BSM. Selain itu, Klinik-klinik kesehatan juga tersedia. Begitu juga tempat penginapan bagi tamu yang sangat hingga kamar mandi yang sangat bersih.

Maka itu, jika saya harus mengucapkan satu kalimat ringkas untuk menjelaskan pandangan saya tentang Dayah Darul Munawwarah ini, maka kalimat itu adalah "Menakjubkan".

Itulah ungkapan yang paling bisa mewakili untuk menilai perkembangan aktual Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng.

Unit-unit dan jenjang pendidikan di Dayah ini semakin lengkap. Bahkan kelas khusus Tahfiz bagi para santri yang baru masuk pun kini juga sudah tersedia.

Bahkan, Pror. Waryono, Direktur Pondok Pesantren Kementerian Agama RI sampai mengatakan : "Ini seperti Al Qarawiyyin", merujuk kepada Universitas Al Qarawiyyin di Maroko yg sangat terkenal.

Bukan tanpa alasan, Prof Waryono mengatakan ia baru saja pulang dari Muhibbah ke Maroko dan antara lain juga pergi ke Al Qarawiyyin.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved