Breaking News:

Bangsamoro

HUT Ke-4 Bangsamoro, dari Bantuan untuk Eks Kombatan Hingga Pameran Warisan Etnik Moro

Penyaluran bantuan untuk eks kombatan Moro ini merupakan bagian dari serangkatan kegiatan dalam rangka peringatan dan perayaan HUT ke-4 BARMM.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Zaenal
BANGSAMORO.GOV.PH
Perempuan Moro berfoto di depan stan pada pameran etnik Moro di di Cotabato City. Pameran yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-4 Pemerintahan Bangsamoro ini dibuka secara resmi pada Senin 23 Januari 2023. 

SERAMBINEWS.COM, COTABATO CITY – Ratusan mantan kombatan atau pejuang Front Pembebasan Islam Moro (MILF), Senin 23 Januari 2024, menghadiri acara penyaluran bantuan, di Cotabato City, ibukota Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao (BARMM).

Penyaluran bantuan untuk eks kombatan Moro ini merupakan bagian dari serangkatan kegiatan dalam rangka peringatan dan perayaan HUT ke-4 Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao (BARMM).

Diberitakan sebelumnya, Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao atau Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM) memperingati ulang tahun ke-4 pada bulan Januari 2023.

Peringatan HUT ke-4 BARMM ini dibuka secara resmi oleh Ketua Menteri BARMM, Haji Murad Ibrahim pada tanggal 21 Januari 2023.

Peringatan HUT ke-4 Bangsamoro tahun ini mengusung tema “Sama-samang Paggtataguyod sa Isang mas Mapyapa at mas Masaganang Bangsamoro”. (Bersama Memajukan Bangsamoro yang Lebih Damai dan Sejahtera).

Dikutip Serambinews.com Rabu (25/1/2023) dari website Pemerintah Bangsamoro (bangsamoro.gov.ph), serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan peringatan HUT ke-4 BARMM.

Salah satunya adalah penyaluran bantuan untuk ratusan eks pejuang MILF dan Angkatan Bersenjata Islam Bangsamoro atau BIAF.

Mereka adalah bagian dari 10.000 penerima manfaat melalui penyediaan program Transfer Tunai Bersyarat, Pendidikan Perdamaian, Keterampilan, dan Pengembangan Masyarakat.

Program penyaluran bantuan untuk mantan pejuang Moro yang diluncurkan oleh Kantor Ketua Menteri (OCM) pada Senin 23 Januari 2023 ini diberinama SALAM atau Bantuan Penguatan Akses Mata Pencaharian untuk Bangsamoro yang Terpinggirkan.

Sebagian besar dari mereka adalah pejuang Front Pembebasan Islam Moro (MILF).

Baca juga: Bangsamoro Peringati Ulang Tahun ke-4, Ratusan Pemuda Terima Tunjangan Program Magang

Baca juga: Ekonomi Bangsamoro Tumbuh Pesat, Hanya 3 Bulan Lahir 4.740 Perusahaan Baru

Tgk Muhammad Faisal, Pimpinan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee Aceh Besar, berfoto bersama pejuang Moro saat kunjungan ke Mindanao, pada tahun 2018.
Tgk Muhammad Faisal, Pimpinan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee Aceh Besar, berfoto bersama pejuang Moro saat kunjungan ke Mindanao, pada tahun 2018. (SERAMBINEWS.COM/Hand Over)

Diciptakan oleh OCM, Proyek SALAM adalah program khusus yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup 10.000 penerima manfaat melalui penyediaan program Transfer Tunai Bersyarat, Pendidikan Perdamaian, Keterampilan, dan Pengembangan Masyarakat.

Sebanyak 200 dari 10.000 penerima manfaat menghadiri upacara pergantian untuk mengklaim kartu ATM mereka, di mana Php15.000,00 (sekira Rp 4,1 juta) disetorkan ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Mayoritas penerima manfaat ini adalah pejuang Angkatan Bersenjata Islam Bangsamoro atau BIAF yang beralih dari gerilyawan bersenjata menjadi anggota masyarakat yang produktif.

“Pembagian yang kami lakukan hari ini merupakan program khusus dari Kantor Ketua Menteri, antara lain pendistribusian obat-obatan ke Unit Kesehatan Pedesaan (RHU), pembagian alat kesehatan, sembako, dan kartu ATM,” kata Ketua Menteri Bangsamoro, Haji Murad Ibrahim.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved