Breaking News:

Kupi Beungoh

Kembalikan Orientasi dan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Islam ke Khittahnya

Selama Islam itu masih Islam yang dibawa Rasulullah saw. dengan Alquran dan Sunnah sebagai pedoman hidup, maka itu pedoman kurikulum bagi muslim

Editor: Amirullah
IST
Ainal Mardhiah, S.Ag, M.Ag, Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh. 

Oleh: Ainal Mardhiah S.Ag, M.Ag*)

ALHAMDULILLAH, sejak tahun 2000 saya mengajar matakuliah Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), Percanaan Sistem PAI, Strategi dan Metode Pembelajaran PAI, Kurikulum PAI di Madrasah Dan Sekolah sampai tahun 2021, Ilmu Jiwa Pembelajaran PAI, Psikologi Pendidikan, lebih kurang 21 tahun.

Kalau boleh saya menilai...

Kita yang tertipu dengan perubahan kurikulum yang kerap sekali terjadi.

Ini menghabiskan banyak materi, hampir semua waktu, energi, tenaga yang tidak sedikit, mengorbankan banyak hal, sementara isinya kalau kita telaah itu-itu juga.

Ya iyalah, selama Islam itu masih Islam yang dibawa Rasulullah saw. dengan al-Quran dan Sunnah sebagai pedoman hidup, maka itu pedoman kurikulum bagi seorang muslim.

Baca juga: Hari Ini 18 Tahun Lalu, Aceh Darurat Militer, Perang Berakhir dengan Bencana Tsunami

Maka kurikulum pendidikan Islam tidak perlu diubah, karena sewajibnya itulah kurikulum pendidikan Islam yaitu al-Quran dan Sunnah Nabi.

Jika di sekolah ada kurikulum KTSP, kurikulum 2013 yang wajib diikuti oleh setiap siswa/siswi, dan ada sejumlah kurikulum di perguruan tinggi yang wajib diambil oleh mahasiswa, agar mereka berhak lulus, boleh ikut wisuda dan menyandang gelar.

Jika tidak, maka tidak lulus atau DO.

Maka dalam hidup ada al-Quran dan Sunnah, sebagai kurikulum hidup seorang muslim, yang harus dipahami secara fardhu 'ain (masing masing muslim/muslimah), dan diajarkan lagi kepada generasi selanjutnya agar Islam terus berlanjut sampai akhir zaman, Insya Allah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved