Breaking News:

Jurnalisme Warga

Sebab Penyesalan Selalu Datang Terlambat

KILAT kepak sayap biru burung cekakak (kingfishers) melintas cepat dan hilang sekejap dalam hektaran lahan sawit di sepanjang mata memandang

Editor: bakri
Sebab Penyesalan Selalu Datang Terlambat
FOR SERAMBINEWS.COM
AYU ‘ULYA, Koordinator Perempuan Peduli Leuser, Anggota AJI Banda Aceh, dan Anggota FAMe, melaporkan dari Aceh Tamiang

OLEH AYU ‘ULYA, Koordinator Perempuan Peduli Leuser, Anggota AJI Banda Aceh, dan Anggota FAMe, melaporkan dari Aceh Tamiang.

KILAT kepak sayap biru burung cekakak (kingfishers) melintas cepat dan hilang sekejap dalam hektaran lahan sawit di sepanjang mata memandang.

Bebauan khas sawit bercampur lembabnya aroma lembah menyeruak kuat ke udara.

Sinyal gawai timbul tenggelam dari dua bar 4G, E, hingga ketiadaan akses sama sekali.

Jalanan sempit, dataran kecokelatan bergelombang, taburan kerikil bebatuan, dan juga lubang-lubang dengan air yang tergenang.

Membutuhkan lebih dari 5 kilometer jarak tempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi jalan demikian jika bertolak dari titik bekas jalur kereta api di Simpang Semadam hingga tiba di Stasiun Restorasi Kawasan Hutan Tenggulun, Aceh Tamiang.

Jika di sepanjang perjalanan sebelumnya pohon pohon sawit berjejer tegap, di lokasi hutan lindung tersebut pepohonan sawit justru telah tumbang, membusuk, tergantikan beragam tumbuhan lainnya: gaharu, durian, cempedak, damar, petai, dan berbagai jenis tanaman keras hutan.

Keberagaman tumbuhan di lokasi restorasi tak hanya terlihat menawan, tetapi juga menawarkan udara yang jauh lebih segar.

“Awal mula masyarakat melakukan restorasi seluas 232 hektare dengan melibatkan tiga kelompok tani (poktan) hutan: Tukul Lestari, Subur Lestari, dan Karya Bersama.

Selama proses restorasi, banyak terjadi perubahan.

Baca juga: Harga TBS Kelapa Sawit Hari Ini Naik, Segini Harga Sawit di Agen Pengumpul di Aceh Selatan

Baca juga: Harga Minyak Goreng Sawit Curah Bertahan Rp 11.500/Kg, Diperkirakan Bakal Naik Lagi

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved