Breaking News:

Salam

Karantina Memberatkan Sebagian Jamaah Umrah

Pemerintah Arab Saudi mulai 1 Desember 2021 mengizinkan masuk calon jamaah umrah dari Indonesia, Pakistan, Vietnam, Brasil, Mesir

Editor: bakri
AFP
(FILES) Foto udara yang diambil pada tanggal 31 Juli 2020 ini menunjukkan umat muslim mengelilingi (Tawaf Al-Ifada) di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Mekkah di Arab Saudi. 

Pemerintah Arab Saudi mulai 1 Desember 2021 mengizinkan masuk calon jamaah umrah dari Indonesia, Pakistan, Vietnam, Brasil, Mesir, dan India.

Akan tetapi, banyak aturan yang harus dipatuhi , termasuk menjalankan karantina selama tiga hari bagi jamaah yang yang menggunakan vaksin Sinovac dan Sinopharm.

Biaya karantina ini harus ditanggung jamaah.

Sedangkan jamaah umrah dengan vaksinasi yang disetujui Kerajaan Saudi Arabia (Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson&Johnson) diizinkan langsung memulai umrah dan tidak perlu menjalani karantina.

Baca juga: Jamaah Umrah Wajib Karantina 3 Hari

Baca juga: Aceh Berpeluang Isi Kebutuhan Logistik Pangan Jamaah Umrah untuk Arab Saudi

Baca juga: Arab Saudi Siap Terima 70.000 Jamaah Umrah di Masjidil Haram Setiap Hari

Umrah di tengah pandemi ini, banyak sekali ketentuan yang harus dilaksanakan jamaah pada saat akan berangkat, setiba di Tanah Suci, dan hingga kembali ke tanah air.

Antara lain, seperti penjelasan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, sebelum terbang ke Tanah Suci, jamaah wajib melaksanakan screening kesehatan 1 x 24 jam secara terpusat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

“Hanya jamaah yang telah berusia 18-65 tahun serta sudah divaksinasi dosis lengkap, dan memiliki hasil tes PCR negatif yang diberangkatkan umrah," kata menteri.

Jamaah  diberangkatkan menggunakan satu pesawat full tanpa dicampur dengan penumpang lain yang nonumrah.

Baca juga: Arab Saudi Izinkan Jamaah Umrah Internasional Mulai 10 Agustus, Ini Syarat Untuk Jamaah Indonesia

Baca juga: Masjidil Haram Disterilisasi, Bersiap Terima Jamaah Umrah, Jamaah Asing Mulai 9 Agustus

Baca juga: Arab Saudi Tetapkan 150.000 Jamaah Umrah dan Shalat di Masjidil Haram Selama Ramadan

"Kemudian, saat di Arab Saudi, jamaah wajib karantina selama tiga hari, dimulai dari saat hari ketibaan. Selama masa karantina dilarang keluar dari kamar hotel.

Akomodasi diisi 2 orang per kamar, makan disajikan dalam kemasan, dan transportasi mengikuti ketentuan Arab Saudi," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved